12 Tiny Habits Ini Yang Dapat Membawa Impact Besar Buat Hidupmu!

12 Tiny Habits Ini Yang Dapat Membawa Impact Besar Buat Hidupmu!

Sobat LINE Bank taukah kamu bahwa Tiny Habits bisa mengotomatiskan sekitar 40% dari aktivitas harian mu? Nah jika kamu ingin mengubah dan memperbaiki hidup kamu, kembangkan kebiasaan baik. Memiliki kebiasaan yang baik memungkinkan kamu untuk mencapai goals-mu.

Eiya untuk memulainya tidak harus melakukan perubahan besar untuk menjadi sukses. Mulai dari yang kecil. Karena perubahan besar tumbuh dari yang kecil.

Apa itu kebiasaan (Habits) ?

Kebiasaan adalah tindakan otomatis yang dilakukan setiap hari berulang tanpa banyak berpikir. Ini salah satu cara otak kita menghemat energi untuk digunakan untuk hal yang jauh lebih penting.

Nyatanya ketika kamu melakukan hal yang baru, itu akan melibatkan korteks prefrontal otak. Tugasnya untuk kamu mengambil keputusan. Namun ketika aktivitas dilakukan berulang kali, informasi tersebut dialihkan ke loop sensorik-motorik. Atau asosiasi isyarat-respons. Dengan demikian, kebiasaan jadi terbentuk. Ketika ini terjadi, otak mu tidak lagi membutuhkan keterlibatan aktif.

Pentingnya kebiasaan baik.

Tapi sebenarnya kenapa sih kebiasaan baik penting kita lakukan, cek alasan berikut:

  • Membantu untuk lebih dekat dengan goals-mu. Menerapkan kebiasaan akan memberikan struktur bagi kamu untuk melakukan hal-hal yang perlu dilakukan konsisten.
  • Dapat membentuk kebiasaan, dan kamu bisa menjadi orang yang mungkin kamu cita-citakan.
  • Dapat meningkatkan kualitas hidupmu. Kebiasaan baik yang dikembangkan akan bermanfaat bagi kesehatan secara keseluruhan, baik fisik maupun mental. Kamu bisa sesederhana membaca beberapa halaman buku motivasi. Atau sebagai alternatif, kamu dapat meluangkan beberapa menit untuk bermeditasi. Atau bisa juga membuat jurnal.
  • Kebiasaan dapat menghemat waktu. Mereka membantu kita menyelesaikan tugas dengan pemikiran atau persiapan minimal.

Bagaimana mengubah kebiasaan baik?

Nah, sekarang kita sudah membahas pentingnya kebiasaan. Lalu bagaimana kita mengubah kebiasaan baik kita? Dalam hal mengubah kebiasaan, para ahli mengatakan ada tiga prinsip utama yang perlu diingat.

1. Ubah lingkungan kamu untuk memungkinkan berkembangnya kebiasaan baru.

Jika perubahan total lingkungan, seperti pindah ke kota lain, tidak memungkinkan, lakukan perubahan kecil.Misalnya, jika tujuan kamu adalah menurunkan berat badan atau  makan sehat . Atur dapurmu sehingga makanan tidak sehat berada di rak yang lebih tinggi dan tidak terjangkau. Atau, makanan olahan dipindahkan ke bagian belakang freezer daripada bagian depan.

2.Ingatlah bahwa pengulangan itu penting dalam pembentukan kebiasaan.

 Menurut penelitian, jumlah waktu yang dibutuhkan agar kebiasaan bertahan bervariasi. Ini bisa memakan waktu antara 15 hingga 254 hari.

3. Bangun kebiasaan di sekitar pengingat yang terlihat. 

Misalnya, minum air setelah alarm berbunyi di pagi hari. Atau menyiapkan pakaian kerja sebelum tidur. Pengingat berguna dalam pembentukan kebiasaan karena memicu respons- kebiasaan- yang akan dilakukan.

Mengapa kebiasaan kecil (Tiny Habits) membuat perbedaan besar?

Begitu pula hidup sukses dimulai dengan bantuan kebiasaan kecil yang baik. Dan permulaan kecil ini dapat mengarah pada hal-hal besar.

Memulai dari yang kecil mungkin tampak tidak penting, tetapi itu adalah fondasi. Dan begitu kamu menguasai hal kecil itu, sisanya akan lebih mudah.

Selain itu, kebiasaan kecil akan lebih mudah dilakukan dan diimplementasikan.

12 Tiny Habits Ini Yang Dapat Membawa Impact Besar Buat Hidupmu!

Berikut adalah 12 Tiny Habits yang dapat kamu mulai hari ini yang akan membuat perbedaan besar dalam hidupmu. Yuk simak, cekidot ~

1. Susun jadwal harian

Ini memberikan struktur untuk hari-hari mu. Ini mencegah kamu melakukan hal-hal yang sesuai dengan goals-mu

Manfaat lain dari mempertahankan jadwal harian meliputi:

  • Tingkat stres yang lebih rendah,
  • Peningkatan kesehatan,
  • Peningkatan tidur,
  • Kejelasan dan fokus, dan
  • Mempromosikan disiplin.

Baiknya jadwal mu sehari-hari itu tidak boleh terlalu ketat. Lakukan perubahan yang diperlukan, dan berikan jadwal waktu untuk diterapkan. Ingatlah untuk memasukkan waktu istirahat.

2. Biasakan membaca

Kebanyakan orang sukses mencantumkan membaca sebagai salah satu kebiasaan mereka. Ini karena membaca memperkuat otot mental.

Saat kamu membaca, kamu akan melatih keterampilan dalam logika dan pemahaman. Membaca juga meningkatkan imajinasi dan meningkatkan daya ingat kamu. Selain itu, ini membantu mengingat memori lebih cepat dan meratakan emosi.

Mencurahkan setidaknya 30 menit waktu setiap hari untuk membaca akan menghasilkan perubahan yang signifikan.

3. Biasakan bermeditasi dan merenung

Cobalah berpikir terfokus seperti bermeditasi dan merenung.

Sisihkan waktu – sekitar 15 hingga 30 menit – didedikasikan untuk memproses hal-hal yang terjadi dalam hidup kamu. Ini akan meningkatkan fokus dan konsentrasi mu. Ini dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan.

4. Membiasakan untuk ber-olahraga

Menurut penelitian, berolahraga secara teratur menjernihkan pikiran dan membuat kamu merasa lebih termotivasi.

Latihan sederhana seperti berjalan atau jogging akan membantu meningkatkan kekuatan dan daya tahan tubuhmu. 

5. Tidur yang cukup

Sangat penting untuk membentuk kebiasaan tidur yang cukup. Karena tidur memungkinkan tubuh untuk memperbaiki diri dan mempersiapkan diri untuk esok hari.

Selain itu, istirahat yang cukup dapat membantu mencegah kenaikan berat badan berlebih, penyakit jantung, dan durasi penyakit.

Selain itu, cukup tidur dikaitkan dengan fungsi memori yang lebih baik dan peningkatan kreativitas.

6. Minum air putih atau mineral water (hal pertama di pagi hari)

Minum air di pagi hari membantu membersihkan perut mu. Dan akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh kamu.

Manfaat tambahan minum air putih saat bangun tidur antara lain:

  • Meningkatkan tingkat energi,
  • Meningkatkan metabolisme,
  • Meredakan sakit kepala dan nyeri lain yang disebabkan oleh dehidrasi yang tidak disengaja,
  • Meningkatkan corak,
  • Membantu dalam detoksifikasi.

7. Biasakan selalu makan buah dan sayuran setiap hari

Menambahkan buah-buahan dan sayuran ke dalam makanan kamu akan memberi tubuh nutrisi yang dibutuhkannya. 

8. Biasakan untuk terus berinteraksi dengan sekitar

Berhubungan dengan orang lain akan menguntungkan kamu secara fisik, mental, dan profesional.

Koneksi sosial dapat membantu kamu mengatur emosi. Selain kesehatan mental , koneksi ini membentuk sistem yang saling menguntungkan. 

9. Banyak mendengarakan sekitar atau lingkungan

Sangat penting untuk belajar mendengarkan, terutama di dunia sekarang ini. Apalagi ponsel dan media sosial memberikan banyak distraction.

Mendengarkan apa yang dikatakan orang lain memperkuat hubungan dengan mendorong rasa saling menghormati dan membangun kepercayaan. Ini menumbuhkan komunikasi yang efektif antara kamu dengan sekitar.

10. Mulai organize atau decluter barang sekitar yang sudah tidak terpakai lagi

Menyumbangkan, menjual, atau membuang barang-barang yang tidak terpakai lagi. Ini membuat rumah bebas dari kekacauan. Dan saat kita sedang membahas masalah decluttering, ini dapat juga berlaku untuk menyingkirkan aplikasi atau gambar yang tidak perlu di ponsel dan laptop kamu.

Memiliki ruang-fisik atau digital-yang bebas dari kekacauan berpotensi menurunkan stres. Ini meningkatkan produktivitas dan membuat tugas lebih mudah dilakukan.

Keuntungan lain decluter yaitu:

  • Lebih sedikit stres dan kecemasan
  • Meningkatkan kejernihan dan fokus pada pikiran
  • Peningkatan produktivitas dan kreativitas
  • Tidur lebih baik
  • Kualitas udara yang lebih baik

11. Belajar sesuatu yang baru

Selain pengetahuan tambahan  mempelajari sesuatu yang baru , melatih otak. Ini dapat membantu meningkatkan fungsi kognitif. Seperti konsentrasi, perhatian terhadap detail, daya ingat, dan pemecahan masalah.

Selain itu, mempelajari sesuatu yang baru menurunkan risiko terkena demensia.

12.Biasakan Menabung

Menabung adalah hal dasar yang memang sudah diajarkan terus menerus sejak kecil, namun apakah kamu sudah benar-benar menerapkan dalam kehidupanmu? Terkesan sederhana namun hal ini bisa membangun kebiasaan mu dalam menabung. Jika hal ini dirasa sulit kamu dapat memulai dengan nominal kecil seperti setiap hari biasakan menabung Rp 5.000 atau Rp 25.000. Jika dirasa sudah mulai terbiasa, kamu bisa menambah nominalnya. Menabung pun memiliki banyak benefit, seperti salah satunya bisa dijadikan dana darurat saat diperlukan mendadak. Oiya sekarang menabung juga bisa menjadi fun karena banyak promo menarik yang ditawarkan seperti Buka tabungan LINE Bank dapat cashback hingga Rp 1,1 juta lho! Yuk coba sekarang, untuk informasi lanjut cek disini!

Nah itu dia mengenai 12 Tiny Habits ini yang dapat membawa impact besar buat hidupmu!

Dengan LINE Bank, #Upgradelyf jadi makin tenang dan cash flow tetap aman. Untukmu yang belum memiliki rekening LINE Bank, yuk buka rekening sekarang buat dapetin keuntungannya.

Caranya gampang kok, download aplikasi LINE Bank di Appstore maupun Playstore dengan klik disini!

Jangan sampai ketinggalan juga ya promo menarik LINE Bank untukmu,berikut!

Baca juga : Pentingnya Kebiasaan Menabung Sejak Dini

Bagikan ke Temanmu
LINE Bank Admin
LINE Bank Admin

A Different Experience of Digital Banking, LINE Bank. LINE Bank is a caring friend, someone that’s easy to get along with. LINE Bank is also a trusted companion, providing smart solutions to all financial issues.

Articles: 308