Gimana Cara Hemat Keuangan, Untuk Nonton Konser Idola

Gimana Cara Hemat Keuangan, Untuk Nonton Konser Idola

Kamu sadar ngga sih tengah tahun begini keinginan buat nonton konser meningkat? Tapi takut pengeluaran membengkak? Tapi sebenarnya tenang aja lho, selama kamu bisa mengelola keuangan kamu dengan baik, semua bisa aja terjadi kok!

Karena sebenernya nonton konser bisa jadi salah satu cara untuk melepas penat karena lelah bekerja atau bisa jadi self reward buat diri sendiri.

Namun, apabila sampai menguras dompet, bisa jadi kamu malah tambah stres setelah menontonnya.

Oleh karena itu, LINE Bank udah siapin beberapa tips yang mungkin belum pernah kamu coba sebelumnya untuk gimana cara hemat keuangan, untuk nonton konser idola. Yuk cek di cek~

1. Rencanakan budget konser

Tips hemat nonton konser idola yang pertama adalah dengan menghitung jumlah budget yang diperlukan.

Ingat, budget di sini tidak hanya meliputi biaya tiket tetapi juga biaya lainnya, mulai dari transportasi hingga biaya makan atau jajan.

Belum lagi jika menonton konser di luar kota. Ada tambahan biaya akomodasi yang perlu dipertimbangkan.

Dengan membuat daftar selengkap-lengkapnya, kamu bisa memikirkan pengeluaran mana yang sekiranya masih bisa dicarikan alternatif lain yang lebih terjangkau.

Selain itu, kamu juga bisa menyiapkan berapa banyak tabungan yang harus disiapkan, termasuk untuk keperluan darurat.

2. Riset mengenai venue konser

Tips yang kedua adalah dengan mencari tahu mengenai venue konser yang biasanya diperuntukkan untuk konser dalam ruangan.

Umumnya, akan ada beberapa kategori tiket yang dijual, mulai dari yang paling dekat dengan stage hingga paling jauh.

Semakin dekat dengan panggung, maka harganya akan semakin mahal.

Beberapa venue ternyata lebih kecil dibandingkan dengan perkiraan kita. Jika demikian, artinya membeli kategori tempat duduk yang tidak terlalu depan seharusnya tak akan menjadi masalah.

Kamu tetap masih bisa melihat penyanyi favoritmu dengan cukup jelas.

3. Beli tiket saat presale

Setelah riset mengenai venue, tips hemat nonton konser selanjutnya adalah mengusahakan untuk beli tiket saat periode presale.

Dalam istilah lain, periode presale juga biasa dikenal dengan sebutan early bird.

Biasanya, akan ada diskon saat presale sehingga harganya lumayan lebih murah dibandingkan dengan penjualan tiket umum (general sales).

Untuk dapat melakukannya, kamu perlu memperhatikan pengumuman dari penyelenggara mengenai periode penjualan tiket presale agar tak ketinggalan.

4. Gabung membership

Beberapa promotor konser menyediakan program membership untuk siapapun yang ingin bergabung.

Biasanya program ini dapat dijumpai pada penyelenggaraan konser K-pop.

Dengan membeli membership, kamu akan mendapatkan banyak benefit, seperti potongan harga untuk merchandise resmi hingga akses terhadap penjualan tiket presale yang lebih awal dan murah.

Namun, kamu juga perlu bijak dalam memutuskannya karena harga membership cukup mahal.

Program ini cocok bagi kamu yang memang ke depannya berencana untuk sering menonton konser dari promotor tersebut.

5. Beli tiket saat detik-detik konser mau mulai

Tips hemat menonton konser selanjutnya adalah dengan mencoba membeli tiket on the spot di detik-detik terakhir penjualan.

Dilansir dari Financial Avenue, ada beberapa kasus di mana harga tiket konser akan terjun bebas saat musisi mulai tampil di panggung.

Hal ini terjadi karena penjual mau tak mau harus banting harga agar bisa menjual semua sisa tiket.

Akan tetapi, strategi yang satu ini memang cukup berisiko.

Selain harus menanggung risiko ketinggalan penampilan artis favoritmu, kamu juga tidak bisa menjamin bahwa penjual pasti akan menurunkan harga.

Pada konser yang high demand atau peminatnya membludak, yang terjadi justru sebaliknya. Penjual akan tetap percaya diri menjual sisa tiket dengan harga normal atau bahkan lebih mahal dari harga sebelumnya.

6. Bandingkan harga di kota lain

Menurut Saving Advice, konser yang diadakan di kota kecil biasanya menawarkan harga tiket yang lebih murah dibandingkan dengan konser di kota besar.

Apakah artis favoritmu akan mengadakan tour di kota lain?

Jika ya, coba cari tahu mengenai harga tiket di kota-kota lainnya. Siapa tahu harganya benar-benar jauh lebih murah dari pada yang dijual di kotamu.

Meskipun begitu, kamu tetap perlu memperhitungkan biaya transportasi dan menginap. Jangan sampai selisihnya justru lebih besar dari pada membeli tiket di kota sendiri.

7. Makan sebelum berangkat

Jajanan di tempat konser sering kali dipatok dengan harga cukup mahal dari biasanya.

Supaya tidak lapar mata, sebaiknya kamu makan terlebih dahulu sebelum berangkat ke konser.

Meski di tengah-tengah konser kamu akan tetap merasa lapar, setidaknya tidak akan terlalu kalap dan akhirnya menghabiskan terlalu banyak uang.

Nah itu dia mengenai Gimana Cara Hemat Keuangan, Untuk nonton konser idola. Kamu harus coba tips nya nih! Supaya kantongmu ngga cepet jebol hehe

Pokoknya dengan LINE Bank, #Upgradelyf jadi makin tenang dan cash flow tetap aman. Untukmu yang belum memiliki rekening LINE Bank, yuk buka rekening sekarang buat dapetin keuntungannya.

Caranya gampang kok, download aplikasi LINE Bank di Appstore maupun Playstore dengan klik disini!

Jangan sampai ketinggalan juga ya promo menarik LINE Bank untukmu,berikut!

Baca juga : List Konser 2023 di Jakarta Terlengkap

Bagikan ke Temanmu
LINE Bank Admin
LINE Bank Admin

A Different Experience of Digital Banking, LINE Bank. LINE Bank is a caring friend, someone that’s easy to get along with. LINE Bank is also a trusted companion, providing smart solutions to all financial issues.

Articles: 277