Penting! Catat Beberapa Tips Merencanakan Travelling!

Pandemi Covid-19 masih belum mereda dan ntah kapan akan selesai banyak orang yang semakin lama semakin jenuh di rumah saja. Karena ini terkadang kita ingin atau butuh liburan agar dapat beristirahat sejenak dari kondisi pandemi Covid-19 ini. Walaupun kondisi pandemi yang tidak kunjung selesai, kalian dapat tetap melakukan travelling dengan menjalankan persyaratan dan protocol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. 

Karena kondisi pandemi Covid-19 ini pastinya berlibur sekarang semasa Covid-19 akan jauh berbeda dibandingkan dengan berlibur saat sebelum pandemi melanda Indonesia. Perencanaan travelling harus dipikirkan secara matang dan detail agar kita tetap terlindungi dan terhindar dari Covid-19 dan melindungi orang lain agar tidak terkena Covid-19.

Selain menyiapkan urusan visa dan destinasi berpergian nanti kita juga tetap harus memikirkan urusan packing.

Setiap ingin melakukan perjalanan sudah sewajarnya kita memikirkan dan merencanakan perjalanan kita secara rinci dan matang. Hal ini agar liburan kita akan menyenangkan karena tidak ada hal yang terlupakan yang dapat membuat suasana hati menjadi badmood. 

Berikut beberapa hal yang bisa kalian perhatikan sebelum melakukan travelling

1. Siapkan dokumen dan informasi

Semenjak pandemi Covid-19 bisa dikatakan hampir seluruh negara mewajibkan surat keterangan berdasarkan hasil tes PCR (Swab) Covid-19. Surat keterangan ini menjadi salah satu dokumen yang harus dimiliki setiap orang yang ingin melakukan perjalanan jarak jauh. Biasanya setelah sampai ke suatu negara maupun daerah kita akan wajib melakukan tes lagi dan melakukan karantina selama 2 minggu. 

Namun setiap daerah dan negara pasti memiliki peraturan dan kebijakannya masing-masing dalam menerima orang luar masuk ke dalam negrinya selama masa pandemi Covid-19 ini. Karena itu sudah sepatutnya sebelum melakukan perjalanan jauh kita mencari informasi tentang persyaratan apa saja yang harus dipenuhi untuk dapat berlibur ke negara tersebut.

Selain informasi tentang kebijakan dan dokumen, jangan lupa tentang promo yang ada. Siapa tahu kamu mendapatkan promo maupun diskon untuk tiket keberangkatan!

2. Packing atau siapkan barang bawaan

Persiapan travelling pasti merepotkan karena banyaknya barang yang harus dibawa atau dipersiapkan. Karena banyak yang harus dipersiapkan mulai dari packing sampai jadwal perjalanan terkadang urusan packing jadi terlupakan. 

Padahal urusan packing merupakan salah satu hal yang penting untuk dipersiapkan dengan matang oleh kita sebelum melakukan perjalanan jauh. Dengan mempersiapkan barang bawaan dengan terperinci maka tidak akan ada barang yang tertinggal karena lupa atau tidak terpikirkan akan dibutuhkan saat berpergian. 

Kalian bisa membuat list apa saja yang akan dibutuhkan maupun kira-kira akan dibutuhkan dalam travelling kalian nanti. Hal ini bisa membuat biaya liburan kita semakin membesar apabila ada barang yang tertinggal dan mengharuskan kita membeli yang baru pada saat berlibur. Penting banget, jangan sampe kamu keribetan karena kelupaan bawa cash bawa dompet banyak-banyak! Pake QR LINE Bank biar transaksi kamu saat di perjalanan makin praktis anti ribet! Tinggal scan langsung beres deh!

3. Cek budget

Nah untuk cek budget kalian harus memperhitungkannya dengan baik dan bijak. Pastikan budget yang kalian siapkan mampu menutupi seluruh kebutuhan, kegiatan, dan lainnya saat kalian berlibur nanti. Alangkah baiknya kalian juga menyiapkan uang lebih untuk antisipasi apabila ada hal yang tak terduga terjadi disana. 

Mempersiapkan budget dengan baik dan terperinci akan membuat kalian tidak kebingunan apabila terjadi hal yang tidak terduga disana karena kalian sudah menyiapkannya dengan terperinci dan ada uang lebih yang sudah kalian siapkan.

4. Buatlah jadwal perjalanan

Sebelum melakukan travelling, kalian wajib membuat jadwal perjalanan liburan kalian nanti. Karena kalian melakukan perjalanan jauh ke tempat yang mungkin belum pernah kalian kunjungi maka jadwal perjalanan maupun destinasi yang akan kalian kunjungi akan sangat penting dan berguna bagi kalian. 

Kalian bisa melakukan pencarian destinasi maupun hidden gem yang ada di daerah yang akan kalian kunjungi. Jadwal perjalanan kalian akan membuat kalian tidak menghabiskan waktu hanya pada 1 tempat saja. List destinasi yang kalian sudah cari juga akan membuat kalian lebih banyak mengeksplor daerah tersebut dan mendapatkan banyak pengalaman baru di tempat tersebut. Liburan kalian akan lebih terasa menyenangkan dengan jadwal dan destinasi yang sudah kalian tentukan jauh-jauh hari.

Inilah beberapa tips yang bisa kalian dalam merencanakan travelling kalian. Kalian juga bisa membuat rekening terpisah untuk nanti kalian berlibur disana atau bahkan untuk mengumpulkan modalnya terlebih dahulu. Dengan menyiapkan uang berlibur menggunakan rekening tabungan baru maka cashflow kalian tidak akan terganggu. Kalian juga bisa membuat tabungan rekening baru secara online menggunakan aplikasi LINE Bank. 

Bagikan ke Temanmu
LINE Bank Admin
LINE Bank Admin

A Different Experience of Digital Banking, LINE Bank. LINE Bank is a caring friend, someone that’s easy to get along with. LINE Bank is also a trusted companion, providing smart solutions to all financial issues.

Articles: 328