7 Cara Me Time di Rumah yang Menyenangkan

10 Cara Me Time di Rumah yang Menyenangkan

Menikmati hidup dengan berjalan-jalan bebas ke berbagai tempat merupakan impian semua orang. Namun, ada juga orang yang lebih suka me time di rumah bersama orang-orang terkasih dan cara me time di rumah ini juga sangat beragam. Mumpung sedang banyak libur di bulan ini, manfaatkan waktu kamu untuk santai sejenak. Cek berbagai aktivitas ataupun cara untuk me time dirumah berikut ini!

Cara Me Time

1. Merawat Tanaman atau Berkebun

Me time di rumah akan semakin seru jika diisi dengan kegiatan merawat tanaman atau berkebun. Mulai menanam bunga, buah, sayuran, dan sebagainya. Ada baiknya kamu menanam tanaman hias yang cantik untuk hiasan rumah dan kaya manfaat. Tanaman hias tertentu memiliki kemampuan luar biasa untuk menyerap polutan dan zat berbahaya yang ada di udara, sehingga membuat kualitas udara di dalam ruangan menjadi lebih baik. Selain itu, beberapa tanaman hias juga dipercaya memiliki efek relaksasi yang dapat mengurangi stres dan meningkatkan ketenangan pikiran. Nah beberapa tanaman ini baik untuk kesehatan lho, antaara lain :

  • Lidah Mertua (Sansevieria) :  Lidah Mertua juga banyak digemari berkat manfaatnya yang menyehatkan. Tanaman ini mampu membersihkan udara dari polutan berbahaya seperti formaldehida dan benzena, sehingga dapat membantu meningkatkan kualitas udara di dalam ruangan.
  • Sirih Gading (Epipremnum aureum) : Sirih Gading juga dipercaya dapat membawa energi positif dan meningkatkan fengshui ruangan.
  • Lavender (Lavandula angustifolia) : Bunga Lavender juga dapat dikeringkan dan digunakan untuk potpourri atau sachet yang menebarkan aroma relaksasi. Bunga Lavender yang kering pun dapat dikonsumsi. Cukup diseduh dengan air panas untuk membuat Teh Lavender yang nikmat dan menenangkan.

2. Merapikan Rumah Bersama Pasangan

Me time di rumah akan semakin mengasyikkan jika diisi dengan merapikan rumah. Apalagi jika dilakukan bersama pasanganmu. Katanya, merapikan rumah bersama pasangan bisa membuat hubungan menjadi langgeng. Sebuah penelitian juga mengatakan bahwa mengerjakan tugas rumah tangga bersama pasangan dapat memberikan kepuasan tersendiri dalam sebuah hubungan.

Hasil riset yang dilakukan oleh peneliti Daniel Carlson, Amanda Miller dan Sharon Sassler, dari Universitas Indianapolis mengungkapkan bahwa sebenarnya pemahaman yang dimiliki oleh laki-laki dan perempuan memiliki pengaruh yang besar dalam kehidupan rumah tangga mereka. Para laki-laki sebenarnya ingin belanja ke supermarket bersama istri daripada pergi sendiri dan ternyata seorang istri juga ingin dibantu melakukan cuci piring oleh suami. Mulai merapikan tempat tidur, menyapu rumah, membersihkan halaman rumah dan sebagainya.

Jadi pada dasarnya, segala sesuatu yang dikerjakan bersama tentu akan lebih menyenangkan dan cepat selesai.

3. Rebahan Santai

Rebahan santai adalah me time yang banyak dipilih, utamanya bagi para pekerja yang sedang libur. Rebahan santai bisa mengurangi penat dan lelah setelah bekerja atau berkegiatan seharian. Kamu bisa sambil menonton film ataupun melakukan tidur siang disaat weekend. Hal ini pasti yang ditunggu-tunggu tiap weekend yaitu nyantai dirumah tanpa melakukan apapun.

4. Menonton Film, Drakor-an yukss~

Nonton film juga bisa dijadikan me time terbaik ketika di rumah. Biasanya dengan menonton drama korea, drama China, dan sebagainya. Dengan menonton film, apalagi sambil rebahan bisa membuat pikiran semakin tenang. Apalagi untuk kamu yang gemar menonton drama korea, saat ini sedang ada film yang sedang trending yaitu Queen of tears ataupun kamu penyuka film barat series ada film baby reindeer loh guys, tertarik nonton gak nih?

Berikut review singkat mengenai kedua film tersebut :

  •  Baby Reindeer : menceritakan Donny Dunn, seorang komedian dan bartender yang terjerat dalam penguntitan sosok wanita bernama Martha. Kisah ini didasarkan pada pengalaman nyata Richard Gadd, ya. Dimulai dari Donny Dunn yang memberikan secangkir teh gratis kepada sosok Martha, berubah menjadi obsesi mengerikan si Martha.
  •  Queen of tears : tentang konflik rumah tangga dan romansa orang dewasa. Drama ini dibintangi oleh Kim Soo-hyun dan Kim Ji-won, yang mendapat pujian atas akting mereka. Queen of Tears mengisahkan tentang Baek Hyunwoo dan Hong Haein, yang menikah tetapi pernikahan mereka berada di ujung tanduk setelah tiga tahun. Hyunwoo merasa kecewa pada istrinya yang tak lagi memedulikannya dan mempertimbangkan untuk bercerai. Namun, Haein diam-diam membela cinta mereka dengan gigih. Sebuah krisis besar terjadi tanpa terduga dalam kehidupan pernikahan mereka, yang membuat Hyunwoo mengurungkan niatnya untuk bercerai. 

5. Membaca Buku Favorit

Me time di rumah bisa dilakukan dengan membaca buku favorit. Buku bisa dibeli secara online maupun offline, jika tidak mau membeli, bisa juga membaca buku dari internet. Untuk kamu yang sedang belajar mengenai keuangan atau financial. Berikut rekomendasi buku yang wajib kamu baca, mengenai Perencanaan Keuangan dan pengembangan diri:

  • Rich Dad Poor Dad (1997): Robert T Kiyosaki & Sharon Lechter : Rekomendasi buku perencanaan keuangan yang pertama yaitu sebuah buku karya Robert T. Kiyosaki dan Sharon Lechter pada tahun 1997 berjudul “Rich Dad Poor Dad”. Meskipun buku ini telah terbit cukup lama, namun kepopuleran Rich Dad Poor Dad didunia keuangan masih tidak ada tandingannya. Pembawaan pada buku ini cukup ringan karena dikemas dengan cerita nyata dari sang penulis. Kiyosaki menceritakan masa mudanya yang hidup bersama ayahnya yang tidak terlalu kaya. Sebaliknya, sang ayah memiliki teman yang merupakan salah satu penduduk terkaya di daerahnya. Perbedaan tersebut menumbuhkan perspektif dan pola pikir yang unik mengenai pengelolaan keuangan termasuk tentang utang. Selain itu, buku ini juga menyoroti bagaimana orang tua mengajarkan anaknya mengenai finansial sejak dini. 
  • Atomic Habits (2018) : James Clear : Jika kalian mengalami kesulitan untuk mengubah kebiasaan, masalahnya bukan pada kalian. Masalahnya adalah sistem kalian. Kebiasaan buruk terulang berulang kali bukan karena kita tidak ingin berubah, tetapi karena kita memiliki sistem yang salah untuk perubahan. Buku ini akan mengajarkan cara mendapatkan sistem yang telah terbukti yang dapat membawa kita ke tingkat yang lebih tinggi.Buku ini menunjukkan bagaimana membangun kebiasaan yang lebih baik dalam 4 langkah yang mudah dipahami. Kebiasaan baru akan melekat pada diri kita apabila kita membuat kebiasaan tersebut jelas, mudah, menarik, dan memuaskan.
  • The Psychology of Money (2020): Morgan Housel  : Jika kamu ingin belajar mengelola keuangan dari perspektif psikologi, maka buku “The Psychology of Money” karya Morgan Hausel adalah pilihan yang tepat untuk kamu baca.Sejak dirilis pada tahun 2020, buku The Psychology of Money mencuri perhatian banyak pecinta buku self improvement dan menjadi sangat populer. Bagaimana tidak, alih-alih menghakimi atau memberikan teori dengan bahasa baku kepada pembaca, buku ini justru mengemas konsep keuangan dengan sudut pandang yang unik yaitu dari sisi psikologi. The Psychology of Money mengisahkan mengenai 19 cerita perilaku manusia dari aspek sikap, kepuasan hingga emosional dalam pengambilan keputusan finansial. Dengan membaca buku ini, maka kamu akan terbantu dalam membuat keputusan finansial yang bijaksana. 

6. Merawat Diri Bareng Bestie

Ketika di rumah, usahakan untuk me time dengan merawat diri. Mulai dari perawatan tubuh, wajah, dan sebagainya. Dengan merawat diri secara rutin tubuh akan tetap sehat, otomatis hati dan pikiran akan nyaman. Kamu juga bisa mencoba skincare-an atau bahkan maskeran bersama bestie kamu, biar makin glowing! Merawat wajah ataupun diri itu penting lho. Dengan segudang aktivitas yang kita lakukan, wajah pasti sering terpapar debu, kotoran, keringat, dan sinar matahari.  Apalagi jika bisa dilakukan bareng bestie kamu, biar banyak waktu untuk quality time juga lho!

7. Olahraga rumah, seperti self yoga practice at home.

Me time di rumah akan semakin menyenangkan jika digunakan untuk berolahraga. Caranya, dengan melakukan olahraga sederhana atau bisa membeli alat khusus untuk olahraga di rumah. Atau se-simple self yoga practice dirumah dengan menonton youtube. Bagi yang belum pernah mencobanya, hal ini patut kamu coba karena yoga memiliki banyak manfaat lho, Yoga merupakan salah satu kegiatan olahraga yang berkaitan dengan fisik, mental, dan spiritual manusia untuk mencapai sistem kesehatan yang menyeluruh. Biar badan jadi sehat dan pikiran tenang cobain deh hal ini.

Nah itu dia mengenai 7 Cara Me Time di Rumah yang Menyenangkan. Biar kamu bisa banyak waktu untuk me time dirumah, yuk serahkan urusan perbankan sat set dengan LINE Bank.

Download aplikasi LINE Bank sekarang dan aktifkan bunga deposito tertinggi hingga 7% cuma di LINE Bank yang menggiurkan. Peluang emas buat dapetin untung lebih untuk masa depan kamu.

Bagikan ke Temanmu
LINE Bank Admin
LINE Bank Admin

A Different Experience of Digital Banking, LINE Bank. LINE Bank is a caring friend, someone that’s easy to get along with. LINE Bank is also a trusted companion, providing smart solutions to all financial issues.

Articles: 295