Disposable Income: Definisi, Fungsi, dan Cara Menghitungnya

Hi Sobat LINE Bank,  

Kamu tahu apa itu disposable income?  Memahami istilah ini sangat penting dalam pengelolaan keuangan. Disposable income adalah jumlah uang yang tersisa setelah kamu mengeluarkan semua biaya wajib seperti pajak, tagihan bulanan, dan pengeluaran rutin lainnya. Supaya kamu nggak bingung gimana cara menghitung disposable income ini, yuk simak uraian lengkap di bawah ini. 

Apa Itu Disposable Income?

apa itu disposable income

Disposable income adalah sejumlah uang yang tersisa setelah kamu mengeluarkan semua biaya wajib seperti pajak, tagihan bulanan, dan pengeluaran rutin lainnya. Jadi, setelah kamu menerima gaji bulanan, belum tentu semuanya bisa kamu pakai untuk hal-hal yang kamu suka.

Sebelum kamu bisa beli gadget baru atau jalan-jalan, kamu harus bayar dulu pajak, sewa rumah, mungkin juga cicilan mobil. Nah, setelah semua itu dibayar, sisa uang yang bisa kamu pakai untuk keperluan lain itulah yang disebut disposable income.

Baca Juga: Personal Income: Definisi, Rumus dan Cara Menghitungnya

Apa Saja Fungsi Disposable Income?

Fungsi disposable income ini sebenarnya sangat menarik dan berperan penting dalam mengatur keuangan pribadi. Disposable income ini bukan hanya tentang uang yang tersisa, tapi juga tentang gimana kamu memanfaatkannya dengan bijak. Yuk, bahas masing-masing fungsinya dengan lebih detail berikut ini. 

1. Pengeluaran Pribadi

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, bahwa disposable income ini adalah sisa uang yang bisa kamu pakai setelah melakukan pembayaran wajib lainnya. Uang ini bisa Sobat LINE Bank gunakan untuk pengeluaran pribadi seperti makan enak di luar, nonton film baru di bioskop, atau bahkan beli barang-barang yang selama ini kamu impikan. Nah, uang dari disposable income ini bisa kamu gunakan tanpa perlu merasa khawatir tentang kekurangan dana. 

2. Investasi

Disposable income bisa kamu manfaatkan juga untuk berinvestasi. Nah, Sobat LINE Bank bisa nabung Deposito di LINE Bank dengan bunga yang lebih tinggi. Bahkan, kamu bisa berinvestasi mulai dari Rp1.000.000. Alhasil uangmu bisa tumbuh seiring berjalannya waktu. Jadi, nggak cuma buat kebutuhan sehari-hari, tapi disposable income ini juga buat jangka panjang. LINE Bank juga menyediakan program tabungan digital yang bebas biaya bulanan untuk pilihan investasi lainnya.  

3. Dana Darurat

Sobat LINE Bank bisa mengarahkan disposable income ini juga untuk membangun dana darurat. Nah, dana darurat ini penting banget. Kita nggak pernah tahu kapan ada kejadian tidak terduga seperti sakit atau kecelakaan. 

Jika kamu sudah memiliki dana darurat, maka kamu bisa lebih tenang menghadapi situasi-situasi tidak terduga tersebut. Jadi, uang dari disposable income ini bisa kamu alokasikan ke dana darurat agar kamu punya perlindungan finansial yang cukup untuk mengatasi berbagai keadaan darurat.

4. Membayar Utang

Nggak kalah penting, kamu juga bisa memanfaatkan disposable income ini untuk membayar utang dengan lebih cepat. Bayar utang lebih cepat itu bagus lho, karena bisa membantu mengurangi beban bunga yang harus kamu bayar. 

Jadi, misalnya kamu punya utang kartu kredit atau pinjaman, uang dari disposable income ini bisa kamu alihkan ke pembayaran utang tersebut. Kamu pun bisa bebas dari utang lebih cepat dan menghemat uang dalam jangka panjang.

Baca Juga: Apa Itu Passive Income? Bagaimana Cara Mengumpulkannya?

perluas wawasan dan pengetahuan finansial bersama LINE Bank

Bagaimana Cara Menghitung Disposable Income?

cara menghitung disposable income

Sobat LINE Bank sekarang sudah tahu bahwa disposable income adalah hal penting yang harus kamu perhatikan dalam mengelola keuangan kamu. Lalu, gimana cara menghitungnya? Yuk simak rumus dan contohnya berikut ini. 

Disposable Income = Total Penghasilan – Pajak – Pengeluaran Rutin

Contohnya, kamu memiliki total penghasilan sebesar Rp10.000.000, pajak yang harus dibayar sekitar Rp2.000.000, dan pengeluaran rutin seperti sewa dan tagihan bulanan sekitar Rp3.000.000. Maka, disposable income kamu adalah:

Disposable Income = 10.000.000 – 2.000.000 – 3.000.000 = 5.000.000

Jadi, disposable income kamu adalah Rp5.000.000 

Baca Juga: Mau Cuan? Kenali Fixed Income: Pengertian, Keuntungan, dan Risikonya

Bagaimana Tips Mengelola Disposable Income?

tips mengelola disposable income

Sobat LINE Bank sudah tahu disposable income itu penting dan apa fungsinya. Sekarang, mari bahas bagaimana cara mengelolanya dengan bijak. Berikut beberapa tips yang bisa kamu terapkan dalam mengelola dana tersebut. 

1. Buat Anggaran

Sobat LINE Bank bisa mulai dengan membuat anggaran bulanan. Nah, ini penting banget, dengan anggaran kamu bisa mengontrol pengeluaran kamu dengan lebih baik. Coba catat semua pengeluaran kamu, mulai dari kebutuhan pokok hingga hiburan. Kamu pun akan tahu persis berapa banyak yang bisa kamu alokasikan untuk pengeluaran hiburan atau belanja, dan berapa banyak yang sebaiknya kamu tabung atau investasikan. 

2. Prioritaskan Utang

Jika kamu memiliki utang, prioritas utama adalah melunasinya. Utang bisa menjadi beban finansial yang cukup berat jika dibiarkan terus menerus. Jadi, alokasikan sebagian dari disposable income kamu untuk membayar utang. 

Melalui cara ini, kamu bisa lebih cepat bebas dari beban utang, dan yang lebih penting, kamu bisa mengurangi jumlah bunga yang harus kamu bayar. Bayar utang lebih cepat juga akan memberi kamu perasaan lega dan aman secara finansial.

3. Investasi untuk Masa Depan

Selanjutnya, jangan lupa untuk berinvestasi. Disposable income ini bisa kamu jadikan modal untuk membangun masa depan yang lebih baik secara finansial. Kamu bisa mengalokasikan sebagian dari uang ini untuk investasi jangka panjang, seperti saham, obligasi, atau rekening investasi. Ini juga akan membantu kamu mencapai tujuan keuangan jangka panjang, seperti persiapan untuk pensiun.

Jadi, Sobat LINE Bank, disposable income adalah uang yang bisa kamu nikmati setelah memenuhi semua kewajiban keuanganmu. Kalau kamu mengelolanya dengan bijak, kamu bisa mencapai tujuan keuanganmu dan memiliki kebebasan finansial yang lebih besar.

Bila kamu akan mengalokasikan keuanganmu dengan cara investasi, Sobat LINE Bank bisa buka tabungan LINE Bank dengan biaya 0 rupiah. Tabungan digital ini dapat kamu gunakan untuk menyimpan dana disposable income serta kebutuhan berbagai pembayaran, seperti tagihan listrik dan top up pulsa. 

Untuk memudahkan pengelolaan keuangan kamu, yuk download aplikasi LINE Bank sekarang juga.

tetap update sama LINE Bank yuk!
Bagikan ke Temanmu
LINE BANK SEO Admin
LINE BANK SEO Admin
Articles: 325