5 Cara Bayar Pakai QRIS LINE Bank, Bikin Transaksi Makin Easy

Hi Sobat LINE Bank,

Di era digital yang berkembang industri keuangan juga berevolusi. Hal ini juga tentu saja ikut mengubah cara kita bertransaksi dalam sektor keuangan. Salah satu inovasi metode pembayaran yang dapat kita gunakan saat ini , yang membuat kita bertransaksi makin easy alias satset adalah QRIS.

QRIS (Quick Response Indonesia Standard) adalah sebuah inovasi dari Bank Indonesia berupa standarisasi pembayaran menggunakan QR Code.

Sesuai namanya, QRIS merupakan standarisasi pembayaran menggunakan QR Code yang dilakukan Bank Indonesia untuk memudahkan transaksi pembayaran elektronik di Indonesia. QRIS membuat pembayaran dapat dilakukan dari berbagai alat transaksi elektronik seperti mobile banking dan e-wallet.

Yuk, simak cara melakukan transaksi atau pembayaran menggunakan QRIS pada artikel berikut ini:

Cara Bayar Pakai QRIS

Dengan adanya QRIS, transaksi keuangan harian seperti membeli produk ataupun jasa, transfer antar bank atau rekening, hingga membayar tagihan dapat dilakukan dengan mudah.

Transaksi dapat dilakukan hanya dengan menggunakan telepon genggam yang tersambung dengan mobile banking ataupun e-wallet.

Lalu bagaimana cara bayar menggunakan QRIS? Penggunaan QRIS ini cukup mudah dan praktis loh. Yuk pelajari langkah melakukan pembayaran menggunakan QRIS berikut.

1. Buka Aplikasi Pembayaran

Tahap pertama yang perlu kamu lakukan adalah memilih aplikasi pembayaran yang ingin digunakan.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, pembayaran menggunakan QRIS ini dapat dilakukan melalui aplikasi e-wallet dan juga mobile banking yang telah support untuk pembayaran menggunakan QRIS.

Untuk yang mau menggunakan QRIS, LINE Bank menyediakan layanan pembayaran menggunakan QRIS melalui aplikasi. Apalagi belanja di Blibli, dapat cashback hingga Rp150.000 dengan QRIS & Quick Credit LINE Bank.

2. Pilih QRIS Sebagai Metode Pembayaran

Setelah membuka aplikasi pembayaran, kamu dapat memilih metode pembayaran yang akan digunakan. Dalam hal ini, pilihlah pembayaran menggunakan QRIS.

3. Scan Kode QRIS

Ketika membuka tombol QRIS, maka kamera kamu akan aktif dan dapat digunakan untuk scan QR Code QRIS.

Selanjutnya pihak penjual akan menunjukkan QR Code yang perlu kamu scan untuk melanjutkan transaksi. QR Code ini bisa ditunjukkan oleh penjual melalui handphone-nya, melalui mesin EDC, dan bisa juga telah dicetak dan ditampilkan di meja kasir.

4. Masukkan Nominal Transaksi

Setelah melakukan scan, maka tampilan layar akan menunjukkan nama penerima. Selanjutnya, kamu perlu memasukkan nominal transaksi sesuai tagihan.

Selain itu, ada pula yang langsung menampilkan detail transaksi berupa nama penerima dan nominal transaksi. Jika demikian, kamu hanya perlu mengecek apakah detail tersebut sudah sesuai.

5. Verifikasi dengan Memasukkan Kode PIN Transaksi

Setelah memastikan keseluruhan detail transaksi telah sesuai baik nama penerima dan nominal transaksi, berikutnya adalah melakukan verifikasi.

Verifikasi transaksi ini dilakukan dengan memasukkan kode PIN transaksi.

Baca juga : Cara Top up Saldo Rekening LINE Bank Dengan Mudah dan Cepat

Apasih Keuntungan Bayar Pakai QRIS?

5 Cara Bayar Pakai QRIS LINE Bank, Bikin Transaksi Makin Easy

1. Kemudahan, Kecepatan, dan Keamanan dalam Transaksi

Melakukan transaksi dengan QRIS tentunya mudah dan cepat. 

Kamu tidak perlu membawa uang tunai dan penjual pun tidak perlu menyiapkan uang kembalian. Selain itu transaksi menggunakan QRIS juga aman karena menggunakan enkripsi untuk melindungi data pembayaran dan lebih aman daripada membawa uang tunai.

2. Pantauan Transaksi yang Lebih Mudah

Dengan menggunakan QRIS, kamu dapat memantau transaksi dengan lebih mudah. 

Tanpa perlu ke bank untuk mencetak transaksi di buku tabungan, kamu dapat melihat daftar transaksi yang telah dilakukan hanya dengan menggunakan telepon genggam.

4. Maraknya Diskon dan Promo

Saat ini, menggunakan QRIS juga memberikan keuntungan dengan memanfaatkan promo. 

Banyaknya penyedia layanan dan pedagang yang menawarkan diskon dan promo dengan transaksi melalui QRIS, membuat belanja lebih hemat.

5. Memberikan Kemudahan Pembayaran Bagi Pengusaha UMKM

Sebagai pembeli tentu saja akan dimudahkan dengan adanya pilihan transaksi non tunai. Kehadiran QRIS membantu pengusaha kecil dan menengah untuk dapat memberikan layanan pembayaran non tunai kepada pembelinya.

Itulah informasi mengenai cara bayar pakai QRIS.

Yuk, buka rekening tabungan di LINE Bank sekarang dan nikmati beragam promo menarik yang sayang banget kalau kelewat!

Kamu juga bisa cek promo lainnya, disini atau bisa klik banner di bawah artikel iniBanyak banget promo agar hidup kalian lebih mudah. Tunggu apalagi? Ayo, join LINE Bank dan dapatkan promonya sekarang!

Yuk download aplikasi LINE Bank di Appstore maupun Playstore dengan klik disini!

Baca juga : Pengertian Saldo Bank ; Jenis, dan Fungsi dalam Rekening

Bagikan ke Temanmu
LINE Bank Admin
LINE Bank Admin

A Different Experience of Digital Banking, LINE Bank. LINE Bank is a caring friend, someone that’s easy to get along with. LINE Bank is also a trusted companion, providing smart solutions to all financial issues.

Articles: 394