Wajib Lakukan 2 Hal Ini Sebelum Ganti Handphone Baru

Hi Sobat LINE Bank

Ciyee hp nya udah waktunya di lembiru ya alias lempar beli baru hehe

Memang segala kegiatan yang dilakukan saat membeli handphone baru memang mengasyikan, namun ada beberapa hal yang patut kamu perhatikan ya! Seperti contohnya, hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah backup data-data penting yang ada di handphone lama.  

Wajib Lakukan 2 Hal Ini Sebelum Ganti Handphone Baru

Tapi, gak berhenti di backup data saja ya, melainkan ada beberapa langkah penting lainnya yang harus kamu lakukan sebelum ganti HP lama ke yang baru. Tujuannya biar privasi dan data-datamu yang ada di HP lama bisa aman dan gak disalahgunakan, terutama seluruh akun perbankan milikmu, termasuk LINE Bank. Simak artikel berikut ya!

2 Hal Yang Harus Dilakukan Sebelum Ganti Handphone Baru

1. Lakukan Unlink Device 

Kalau berencana menjual atau memberikan handphone lama milikmu, unlink device ataupun segala aplikasi yang masih ada di hp lama kamu. Ini perlu dilakukan biar kamu bisa mengakses di handphone baru tanpa perlu bolak-balik ke handphone lama dan data diri kamu tetap terjaga.

2. Atur ke Setelan Pabrik atau Factory Reset

Setelah melakukan 2 tahap di atas, tahap terakhir yang perlu dilakukan adalah menghapus total seluruh data yang ada di HP lama dengan factory reset atau atur ulang ke setelan pabrik. 

Sadar gak sadar, banyak sekali data atau konfigurasi yang tersimpan di dalam handphone-mu, mulai dari data aplikasi, dokumen, foto, hingga password atau informasi sensitif yang tersimpan. 

Maka dari itu, kalau HP lamamu akan dijual dan berpindah tangan, factory reset berguna untuk memastikan data-data milikmu sebagai pemilik sebelumnya berhasil terhapus dan privasimu terlindungi. 

Selain itu, factory reset juga meminimalisasi penyalahgunaan data yang masih tersimpan bagi pihak yang gak bertanggung jawab. Jadi, akun-akun perbankan lain yang kamu miliki tetap aman aksesnya. 

Nah, karena kamu sudah melakukan backup data sebelumnya, it’s safe to say untuk kamu melakukan factory reset. Kamu bisa cek caranya bagi handphone Android atau iOS di bawah ini ya! 

Factory Reset untuk Pengguna Android 
  1. Buka menu Pengaturan atau Settings.
  2. Scroll dan cari menu System atau General Management, lalu pilih Reset atau Backup & Reset
  3. Pilih Factory Data Reset, lalu Reset Phone untuk melanjutkan. 
  4. Masukkan kode PIN atau password pada handphone untuk mengonfirmasi pilihan. 
  5. Handphone kamu sedang di-factory reset dan akan otomatis restart setelah berhasil! 

Oh iya, perlu diperhatikan bahwa interface atau tampilan setiap ponsel Android bisa berbeda-beda. Namun langkah di atas bisa menjadi panduan untuk melakukan factory reset secara umum, ya. 

Factory Reset untuk Pengguna iOS 
  1. Di menu Pengaturan atau Settings, buka menu Umum (General), lalu pilih Transfer atau Atur Ulang iPhone (Transfer or Reset iPhone).  
  2. Pilih Hapus Konten & Pengaturan (Erase All Content and Settings)
  3. Masukkan kode sandi atau kata sandi ID Apple milikmu yang terdaftar.
  4. Lalu, konfirmasikan kalau kamu ingin menghapus data dari perangkat. 
  5. Selesai dan tunggu hingga data dari perangkatmu berhasil dihapus. 

Setelah kamu berhasil dan sampai di langkah factory reset, kini data-data milikmu berhasil terhapus sepenuhnya. Jadi, aman untuk kamu jual atau berikan HP lama milikmu ke orang lain. Gimana sobat LINE Bank beberapa hal ini harus kamu lakukan ya sebelum membeli handphone baru biar data diri kamu terjaga dengan aman!

Untuk kamu yang belum memiliki akun LINE Bank, yuk, join LINE Bank dan dapatkan berbagai promonya menariknya sekarang!

Caranya gampang kok, download aplikasi LINE Bank di Appstore maupun Playstore dengan klik disini!

Bagikan ke Temanmu
LINE Bank Admin
LINE Bank Admin

A Different Experience of Digital Banking, LINE Bank. LINE Bank is a caring friend, someone that’s easy to get along with. LINE Bank is also a trusted companion, providing smart solutions to all financial issues.

Articles: 377