Mending Beli HP Cash Atau Kredit? Yuk Simak di Sini!

Hi Sobat LINE Bank,

Mana suaranya yang hp nya udah mulai rusak hayooo? Nah, mungkin sekarang saat yang tepat untuk mengganti handphone kesayangan kamu! Tapi, setelah puas memilih-milih model ponsel, pasti ada satu pertanyaan yang terbesit di benak kamu: Mending beli HP baru tersebut secara cash atau kredit?

Mending Beli HP Cash Atau Kredit? Yuk Simak di Sini!

Di satu sisi, kamu mungkin sudah menabung dan menyiapkan uang untuk beli HP impianmu secara cash dan bukan kredit. Namun, keteguhan hatimu mungkin bimbang ketika mau membayar ponsel tersebut. Apalagi, kalau harga ponselnya mahal. Pasti kamu langsung bertanya-tanya: Apakah kamu akan bangkrut mendadak kalau beli HP secara cash?

Sementara di sisi lain, kamu juga tak mau membayarnya secara kredit karena bikin ganjalan baru di dompet kamu. Yakni, keharusan untuk bayar cicilannya setiap bulan.

Kalau sudah seperti ini, lantas apa yang harus kamu pilih? Lebih baik beli HP secara cash atau kredit?

Pertimbangan Beli HP Cash Atau Kredit

Nah, sebelum memutuskan pilihanmu, mungkin ada baiknya kita mempertimbangkan beberapa aspek dalam membeli ponsel secara cash atau kredit. Berikut penjelasannya.

Beli Ponsel Secara Cash

Membeli ponsel secara tunai mungkin akan terlihat bikin kamu bangkrut di awal. Misalnya, anggap saja kamu baru beli iPhone 15. Tentu berkurangnya jumlah uang tersebut di rekening bisa bikin kamu menangis.

Tapi, sisi baiknya adalah kamu tidak punya beban finansial baru setiap bulannya. Sehingga, kamu pun bisa fokus menggunakan gaji bulananmu untuk menuju tujuan finansial selanjutnya.

Selain itu, dengan membayar ponsel secara tunai, kamu juga mendapat dorongan untuk mengeluarkan uang sesuai dengan anggaran yang sudah kamu canangkan. Jangan khawatir kalau kamu merasa jatuh miskin karena beli apa-apa secara cash. Sebab, itu artinya kamu sudah berhasil menuju tujuan finansial kamu dengan cara menabung.

Beli Ponsel Secara Kredit

Meski demikian, bukan berarti membeli HP secara tunai adalah pilihan terbaik bagi kamu. Nyatanya, membeli ponsel dengan skema kredit pun memberikan manfaat tersendiri.

Seperti yang sudah dibahas di atas, tentu kamu akan merasa kekurangan uang setelah tabunganmu terkuras untuk membeli ponsel baru. Bagi sebagian orang, langkah tersebut bisa diambil lantaran mereka sudah mencadangkan dana darurat. Namun, bayangkan kalau kamu tak punya tabungan sebagai pegangan hidup. Rasa senang habis beli HP anyar bisa-bisa berubah menjadi petaka.

Misalnya seperti ini: Kamu telah membeli handphone mahal secara tunai di bulan Maret yang bikin uang di rekening kamu terkuras. Namun tiba-tiba, kamu ternyata harus mengeluarkan uang banyak pada bulan April karena tembok rumahmu tiba-tiba ambrol tanpa sebab. Lantas, bagaimana kamu bisa memperbaiki rumah kalau uangmu sudah habis digunakan untuk beli handphone baru?

Nah, jika kamu punya sifat berjaga-jaga yang tinggi, maka membeli ponsel secara kredit akan berguna untukmu. Sebab, anggaran kamu untuk membeli ponsel baru akan disebar ke beberapa bulan berikutnya sesuai dengan tenor cicilan yang kamu ambil. Artinya, kamu masih memiliki dana yang cukup kalau hal-hal tak terduga muncul di kemudian hari.

Tak hanya itu, beli handphone secara kredit juga bisa membantumu menaikkan skor kredit. Apa sih, artinya skor kredit?

Skor kredit adalah sistem yang digunakan bank atau lembaga lainnya untuk menentukan apakah kamu layak atau tidak untuk mendapatkan pinjaman lain ke depan. Skor ini dilihat dari ketepatan waktu membayar tagihan dan kredit yang kamu miliki saat ini. Sehingga, kalau skor kredit kamu mumpuni, artinya bank juga akan percaya jika kamu meminjam uang di kemudian hari.

Nah, jadi bagaimana, Sobat LINE Bank? Kamu tim apa, nih? Tim beli HP cash atau kredit? Pas banget untuk kamu yang ingin cicil pakai Quick Credit LINE Bank, bisa dapat cashback hingga Rp1.000.000. Caranya mudah ya cukup klik banner dibawah ini!

Kamu juga bisa cek promo lainnya, disini atau bisa klik banner di bawah artikel iniBanyak banget promo agar hidup kalian lebih mudah. Tunggu apalagi? Ayo, join LINE Bank dan dapatkan promonya sekarang!

Caranya gampang kok, download aplikasi LINE Bank di Appstore maupun Playstore dengan klik disini!

Baca juga : Kumpulan Promo LINE Bank Bulan Oktober 2024, Auto Cuan!

Bagikan ke Temanmu
LINE Bank Admin
LINE Bank Admin

A Different Experience of Digital Banking, LINE Bank. LINE Bank is a caring friend, someone that’s easy to get along with. LINE Bank is also a trusted companion, providing smart solutions to all financial issues.

Articles: 394