Ramadhan 2025 Berapa Hari Lagi Ya? Temukan Jawabannya Disini

Hi Sobat LINE Bank,

Seperti yang telah kita ketahui bahwa ramadhan adalah bulan yang sangat dinantikan umat Islam di seluruh dunia. Ramadhan adalah bulan kesembilan dalam kalender Hijriah. Lantas, kapan bulan Ramadhan 2025, dan tinggal berapa bulan lagi sih puasa Ramadhan 1446 Hijriah?

Bulan Ramadhan merupakan waktu istimewa untuk berpuasa, memperbanyak ibadah, dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Puasa Ramadhan adalah salah satu dari lima rukun Islam yang wajib dijalankan setiap muslim dewasa yang sehat secara lahiriah.

Sementara hari raya Idul Fitri atau 1 Syawal bertepatan pada Senin 31 Maret 2025. Metode penyusunan kalender Hijriah ini berpedoman pada kriteria New Mabims yang menjadi standar baku penyusunan kalender Hijriah Kemenag RI.

Ramadhan 2025 Berapa Hari Lagi Ya? Temukan Jawabannya Disini

Namun, seperti biasa, kepastian tanggal awal Ramadhan bergantung pada rukyatul hilal (pengamatan bulan sabit) dan menunggu hasil siding isbat Kementerian Agama (Kemenag). Perbedaan wilayah dan metode pengamatan bisa menyebabkan sedikit variasi dalam penetapan bulan Ramadhan dan Syawal.

Jadi,Berapa Bulan Lagi Puasa Ramadhan?

Jika menghitung dari bulan Oktober 2024, saat ini memasuki bulan keempat dalam kalender Hijriah. Sehingga masih lima bulan lagi menuju bulan Ramadhan 2025, yang merupakan bulan kesembilan.

Maka, umat Islam masih memiliki beberapa bulan lagi untuk mempersiapkan diri menyambut bulan suci. Bulan Ramadhan selayaknya disambut dengan penuh suka cita dan perasaan bahagia, menanti bulan ini bisa dengan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Puasa Ramadhan juga menjadi momen memperkuat kontrol diri, menahan hawa nafsu, dan meningkatkan empati kepada mereka yang kurang beruntung.Menjelang bulan Ramadhan, banyak muslim yang mulai mempersiapkan diri secara spiritual dan fisik. Beberapa persiapan yang bisa dilakukan sebelum Ramadhan tiba sebagai berikut.

  • Menjalankan puasa sunah, seperti puasa Senin-Kamis atau puasa Ayyamul Bidh (tanggal 13, 14, dan 15 setiap bulan Hijriah).
  • Memperbanyak salat sunah, zikir, dan membaca Al-Qur’an menjadi bagian dari persiapan menyambut Ramadhan.
  • Mengisi diri dengan ilmu agama melalui kajian, ceramah, atau membaca buku tentang keutamaan Ramadhan akan membantu meningkatkan pemahaman dan memaksimalkan ibadah di bulan suci.
  • Menyisihkan harta untuk sedekah atau zakat juga dianjurkan sebagai bentuk persiapan diri untuk memperbanyak amal kebaikan di bulan suci.
  • Puasa Ramadhan memerlukan stamina dan kebugaran tubuh. Muslim disarankan mulai memperbaiki pola makan dan tidur, serta menjaga kebugaran dengan olahraga ringan agar tidak kaget saat menjalani puasa.
  • Dengan persiapan yang matang, Ramadhan 2025 bisa menjadi momen penuh makna dan keberkahan. Semoga umat Islam di seluruh dunia diberi kekuatan dan kesempatan untuk menjalankan puasa dan ibadah dengan sebaik-baiknya di bulan Ramadhan 2025.

Nah itu dia mengenai Ramadhan 2025 Berapa Hari Lagi yang kamu nantikan. Masih ada waktu untuk mempersiapkan hati biar kembali suci, dan juga masih ada waktu untuk siap-siap keuangan di hari raya nantinya. Biar bisa nabung untuk memberikan THR nantinya. Kalau soal nabung, menabung ada LINE Bank jagonyaa. Yuk download LINE Bank sekarang ada banyak promo menarik lho!

Kamu juga bisa cek promo lainnya, disini atau bisa klik banner di bawah artikel iniBanyak banget promo agar hidup kalian lebih mudah. Tunggu apalagi? Ayo, join LINE Bank dan dapatkan promonya sekarang!

Caranya gampang kok, download aplikasi LINE Bank di Appstore maupun Playstore dengan klik disini!

Baca juga : Apa itu Sertifikat Deposito (CD)? Kelebihan dan Kekurangan

Bagikan ke Temanmu
LINE Bank Admin
LINE Bank Admin

A Different Experience of Digital Banking, LINE Bank. LINE Bank is a caring friend, someone that’s easy to get along with. LINE Bank is also a trusted companion, providing smart solutions to all financial issues.

Articles: 394