Kenali 3 Jenis Kategori Pengeluaran, Ada Apa Saja Sih?

Hi Sobat LINE Bank,

Mengatur pengeluaran menjadi bagian penting dari mengelola keuangan pribadi. Supaya lebih mudah mempersiapkan dan mengalokasikan anggaran (budget), kamu perlu tahu kalau pengeluaran yang bermacam-macam tersebut ternyata bisa dikelompokkan ke dalam 3 kategori pengeluaran utama saja loh.

Kenali 3 Jenis Kategori Pengeluaran, Ada Apa Saja Sih?

3 Jenis/Kategori Pengeluaran

1. Pengeluaran tetap

Jenis pengeluaran ini paling mudah dipersiapkan budget-nya, karena sifatnya yang tetap sehingga mudah diprediksi. Pengeluaran ini pada umumnya tetap dalam jumlah maupun intervalnya.

Apa saja yang termasuk pengeluaran tetap? Contoh paling gampang adalah biaya berlangganan internet dan TV kabel. Kamu melakukan pembayaran setiap bulan dan jumlah tagihannya biasanya sama dari bulan ke bulan, kecuali kamu melakukan upgrade atau sedikit perubahan pada paket berlangganan yang kamu pilih, misalnya.

Kamu juga bisa memasukkan tabungan hari tua dan tabungan dana darurat sebagai bagian dari pengeluaran tetap. Supaya menabung jadi rutin dan konsisten, kamu bisa menyisihkan uang dalam jumlah yang sama buat ditabung setiap bulannya.

Untuk pengeluaran tetap, budgeting-nya bakalan mudah banget. Kamu tinggal mengikuti budget bulan sebelumnya saja.

2. Pengeluaran berkala

Pengeluaran berkala mirip dengan pengeluaran tetap. Namun, biasanya pengeluaran berkala ini frekuensinya lebih jarang dan jumlah pengeluarannya juga lebih bervariasi.

Kamu suka ngasih kado ke keluarga dan teman yang berulang tahun? Nah, pemberian kado adalah contoh pengeluaran berkala. Kamu mungkin ngasih kado yang lebih mahal ke teman baik daripada ke rekan kerja di kantor. Jadi, jumlah pengeluarannya akan bervariasi.

Untuk pengeluaran berkala, kamu juga perlu budget. Supaya nggak kaget tiba-tiba harus mengeluarkan uang yang lumayan saat teman baik ulang tahun, kamu bisa alokasikan budget untuk pengeluaran berkala secara teratur. Caranya bisa dengan menyisihkan uang setiap bulannya.

3. Pengeluaran dinamis

Seperti namanya, pengeluaran dinamis bisa dibilang cukup berfluktuasi. Tagihan listrik, misalnya, bisa naik drastis bulan berikutnya apabila kamu pada bulan tersebut melakukan banyak aktivitas yang memerlukan listrik.

Pembelian bensin juga bisa dikategorikan sebagai pengeluaran dinamis. Bulan lalu kamu sering pergi jalan-jalan berkeliling kota juga ke kantor, tapi pada bulan berjalan kamu hanya pakai mobil buat ke kantor. Otomatis, pengeluaran untuk bensin bulan lalu jumlahnya jauh lebih besar daripada bulan berjalan.

Meski sifatnya dinamis, pengeluaran yang satu ini paling mudah buat kamu kendalikan. Kalau kamu lagi mau menghemat pengeluaran untuk bensin, kamu bisa memilih untuk mengendarai sepeda atau menggunakan transportasi umum yang lebih murah.

Biar Gampang dan Praktis Mengatur Kategori Pengeluaran, Pakai Aplikasi LINE Bank Yuk!

Kamu sudah rajin mengatur pengeluaran? Supaya mengatur pengeluaran jadi gampang dan praktis, kamu bisa pakai aplikasi LINE Bankloh.

Kalau menabung di LINE Bank kamu bisa manfaatkan fitur multi rekening yaitu 8 rekening dalam 1 akun, memisahkan kebutuhan jadi cepat banget. . Langsung dicoba saja semua fiturnya, Jagoan, biar pengeluaran lebih teratur, keuangan lebih sehat dan hidup lebih mudah dan menyenangkan.

Nah itu dia mengenai 3 Jenis Kategori Pengeluaran, Jangan lupa untuk kamu terapkan yaa!

Kamu juga bisa cek promo lainnya, disini atau bisa klik banner di bawah artikel iniBanyak banget promo agar hidup kalian lebih mudah. Tunggu apalagi? Ayo, join LINE Bank dan dapatkan promonya sekarang!

Caranya gampang kok, download aplikasi LINE Bank di Appstore maupun Playstore dengan klik disini!

Baca juga : Bilyet Deposito: Pengertian, dan Perbedaannya Dengan Sertifikat Deposito

Bagikan ke Temanmu
LINE Bank Admin
LINE Bank Admin

A Different Experience of Digital Banking, LINE Bank. LINE Bank is a caring friend, someone that’s easy to get along with. LINE Bank is also a trusted companion, providing smart solutions to all financial issues.

Articles: 377