Apa itu Doom Spending? Memiliki Dampak Buruk, Harus Diwaspadai!

Hi Sobat LINE Bank,

Sebelumnya kamu sudah pernah dengar mengenai tren doom spending belom? Istilah / tren ini memang mendadak membanjiri media sosial akhir-akhir ini. Mengutip CNBC, hal itu terlihat dari fenomena di mana anak-anak muda dari Generasi Z dan milenial yang menghabiskan uang untuk barang mewah alih-alih menabung.

Apa itu Doom Spending? Memiliki Dampak Buruk, Harus Diwaspadai!

Di Amerika, tercatat lebih dari seperempat warga Amerika menghabiskan uang untuk mengatasi stres di tengah situasi ekonomi dan politik.Namun, rupanya fenomena doom spending ini tidak hanya terjadi di Amerika, tapi juga sejumlah negara. Mungkin juga termasuk Indonesia. Untuk tahu apakah tren doom spending juga dilakukan generasi muda di Indonesia, pahami definisi dan penyebabnya berikut ini!

Apa itu Doom Spending?

Doom spending adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan perilaku belanja tanpa kendali yang dilakukan untuk meredakan stres atau kecemasan, terutama saat seseorang merasa pesimis tentang masa depan.

Fenomena ini semakin banyak dibicarakan di media sosial dan menjadi tren di kalangan Generasi Z dan milenial.

Menurut Psychology Todaydoom spending terjadi ketika seseorang melakukan belanja impulsif sebagai cara untuk mengatasi perasaan negatif terkait ekonomi atau masa depan yang tidak pasti.

Penyebab Doom Spending

Generasi muda saat ini, terutama Gen Z dan milenial, merasa terpapar pada berita buruk secara terus-menerus. Hal itu membuat generasi muda ini merasakan pesimisme yang mendalam terhadap masa depan. Alhasil, mereka jadi cenderung melarikan diri ke aktivitas belanja untuk mendapatkan perasaan sementara atas kontrol dalam dunia yang terasa tidak terkendali.

Cara Mengatasi Pengeluaran Berlebihan

Menurut Louise Hill, salah satu pendiri GoHenry, menilai penting untuk mengajari anak muda kekuatan finansial terletak pada literasi keuangan. Memiliki tujuan tabungan, menolak tekanan teman sebaya, dan menemukan cara sehat untuk mengatasi kecemasan akan memberi masa depan finansial lebih cerah.

Untuk mengurangi pengeluaran yang tidak perlu itu, berikut beberapa langkah yang bisa kedua generasi itu ambil:

1. Buat Buku Harian Pengeluaran

Mencatat apa yang dibeli, bagaimana perasaan saat membeli, dan pembelajaran yang didapat dari pengalaman tersebut. Hal itu bisa membantu memahami pola pengeluaran.

2. Batasi Penggunaan Medsos dan Aplikasi Belanja

Hapus aplikasi belanja atau batasi waktu untuk menggunakan media sosial agar tidak terjebak dalam pengeluaran impulsif.

3. Cari Kegiatan Pengganti Menenangkan

Ganti kebiasaan berbelanja dengan aktivitas lain, seperti yoga, mandi busa, atau berjalan-jalan.

4. Tetapkan Anggaran Bulanan

Buat anggaran yang realistis dan tetapkan batas pengeluaran untuk berbagai kategori, seperti hiburan, makanan, dan transportasi. Mengikuti anggaran akan membantu lebih sadar akan pengeluaran dan mencegah belanja impulsif.

5. Prioritaskan Menabung Sebelum Belanja

Terapkan metode “pay yourself first,” dengan menyisihkan sebagian penghasilan untuk tabungan atau investasi. Hal itu sebelum mengalokasikan uang untuk belanja atau kebutuhan lainnya.

6. Gunakan Metode 24 Jam

Jika merasa tergoda untuk membeli sesuatu yang tidak penting, berikan waktu 24 jam sebelum melakukan pembelian. Hal itu memberi waktu untuk mempertimbangkan pembelian tersebut benar-benar perlu atau tidak.

7. Tingkatkan Literasi Keuangan

Ikuti kursus keuangan pribadi atau baca buku tentang literasi keuangan. Makin memahami cara mengelola uang akan kecil kemungkinannya untuk melakukan pengeluaran impulsif.

10. Buat Tujuan Keuangan Jangka Panjang

Memiliki tujuan keuangan jangka panjang, seperti membeli rumah atau pensiun dengan nyaman, bisa memberikan motivasi untuk menahan godaan belanja impulsif dan lebih fokus menabung.

Nah itu dia mengenai istilah Doom spending dan cara mengatasinya. Jangan lupa untuk kamu terapkan yaa! Kalau menurut mimin, kamu boleh loh mulai mengalokasikan uangnya pada investasi.

Jika kamu ingin memulai investasi, LINE Bank solusinya! Hanya dengan nabung Deposito sekarang, dapatkan spesial cashback hingga Rp1.99juta. Sudah pasti aman dan diawasi OJK, prosesnya juga mudah ga pake ribet! ( Jika kamu tertarik klik tautan dibawah ini ya👇)

Deposito-Spesial-LB-Promo
Deposito-Spesial-LB-Promo

Kamu juga bisa cek promo lainnya, disini atau bisa klik banner di bawah artikel iniBanyak banget promo agar hidup kalian lebih mudah. Tunggu apalagi? Ayo, join LINE Bank dan dapatkan promonya sekarang!

Caranya gampang kok, download aplikasi LINE Bank di Appstore maupun Playstore dengan klik disini!

Bagikan ke Temanmu
LINE Bank Admin
LINE Bank Admin

A Different Experience of Digital Banking, LINE Bank. LINE Bank is a caring friend, someone that’s easy to get along with. LINE Bank is also a trusted companion, providing smart solutions to all financial issues.

Articles: 377