Wajib! Cek 4 Hal Ini Sebelum Memilih Tenor Pinjaman Ataupun Cicilan

Hi Sobat LINE Bank,

Kamu mungkin sudah cukup familiar dengan pinjaman yang banyak beredar di masyarakat. Sekarang ini kamu bisa mendapatkan dana dengan mudah dan cepat. Bahkan memiliki limit hingga ratusan juta, terkadang disaat kita sangat membutuhkan “dana” tersebut kita lalai dan tidak memperhatikan tenor pinjaman.

Namun sebaiknya jangan sekalipun meremehkan tenor. Karena jika salah-salah menghitung dapat membebani kamu, lho! Kamu pastinya tidak ingin hal ini terjadi, bukan? Jika iya, hal tersebut tidak kejadian di kamu, simak artikel ini lebih lanjut yuk!

Wajib! Cek 4 Hal Ini Sebelum Memilih Tenor Pinjaman Ataupun Cicilan

Pertama-tama, Kenali Terlebih Dahulu Jenis-Jenis Tenor

Karena banyak sekali penyedia pinjaman saat ini, tentunya tenor yang ditawarkan masing-masing bervariasi. Memangnya apa saja jenis-jenis tenor tersebut? Yuk, ketahui lewat poin-poin di bawah ini!

Tenor Menurut Jangka Waktu

Seperti sebutannya, penggolongan tenor dilakukan menurut klasifikasi rentang waktunya, apakah pendek atau panjang. Mengenai penjelasan masing-masing pinjaman, berikut adalah ringkasnya:

  • Tenor Jangka Pendek
    • Karena jangka pendek, maka pastinya kisaran durasinya dari 6 – 36 bulan. Tenor satu ini umumnya diaplikasikan pada pinjaman bernominal terjangkau dan dengan tujuan untuk pemenuhan kebutuhan harian dan barang murah.
  • Tenor Jangka Panjang
    • Jika tenor jangka pendek berdurasi bulanan, maka jenis satu ini lebih pada tahunan, yakni dari 3 – 20 tahun. Karena lama, tenor ini diaplikasikan untuk pinjaman bernominal besar dan untuk kepemilikan barang mewah atau usaha.

Tenor Menurut Jenis Pinjaman

Entah itu pinjaman dana di bank atau bukan, tenor terbagi menurut 3 jenis, diantaranya yakni KPR, KDA, dan KTA. Belum tahu masing-masing jenis tenor tersebut? Mari mengenalnya melalui paparan berikut:

  • Tenor KPR (Kredit Pemilikan Rumah)
    • Karena harga rumah saat ini sangat fantastis, tentu saja tenor yang ada dalam jenis pinjaman ini bersifat panjang dengan rentangan 5 – 20 tahun. Penentuan lama sebentarnya nya tenor untuk peminjam pun bergantung pada uang muka.
  • Tenor KDA (Kredit dengan Agunan)
    • Sesuai namanya, jenis pinjaman satu ini memerlukan agunan atau jaminan. Rentang tenornya sendiri yaitu 3 – 5 tahun dan lama sebentarnya tenor bergantung pada nominal pinjaman serta kemampuan angsuran peminjam.
  • Tenor KTA (Kredit Tanpa Agunan)
    • Ini merupakan jenis pinjaman yang sangat mudah diajukan dan biasanya digunakan pengusaha sebagai suntikan modal. Tenor yang ada dalam KTA bervariasi ada yang pendek dan panjang mulai dari 6 hingga 36 bulan.

3 Hal yang Wajib Diperhatikan Sebelum Memilih Tenor Pinjaman

  • Mengenali Kebutuhan serta pengeluaraan (Fixed Expenses bulanan)
    • Sebaiknya kamu mengenali betul kebutuhan apa yang saat ini menjadi urgensi sebelum mengajukan pinjaman. Selain itu, pahami dan pertimbangkan apakah kebutuhan tersebut layak diperjuangkan.
    • Maksud dari layak diperjuangkan atau tidak yakni mencakup nilai dari kebutuhan tersebut, misalnya kemampuannya untuk balik modal atau mudah tidaknya untuk dijadikan investasi.
    • Kamu juga harus mengetahui apa saja kebutuhan yang “pasti” kamu keluarkan tiap bulannya untuk kebutuhan hidup, misalnya : belanja kebutuhan bulanan, transportasi,dsb. Sehingga saat kamu ingin mempertimbangkan tenor yang kamu ambil, kamu sudah ada perkiraan apakah kamu mampu membayarnya tiap bulan atau tidak.
  • Mempertimbangkan Tenor Sesuai Kemampuan Finansial
    • Tenor jangka panjang maupun pendek menawarkan kelebihan dan kekurangan mereka masing-masing. Mengetahui hal ini, kamu harus mempertimbangkan betul keduanya menyesuaikan kemampuan finansial.
  • Perhatikan Jika Ada Cicilan Lain yang Masih Berjalan
    • Kamu harus memperhatikan dan mengitung ulang, jika kamu memilih tenor tertentu akan mengganggu cicilan kamu yang lainnya atau tidak?
  • Memperhatikan Tingkat Bunga dan Biaya Ekstra Lainnya
    • Dalam memilih tenor, khususnya untuk kredit berjumlah besar, selain fokus pada limit pinjaman, kamu pun perlu memperhatikan tingkat bunga, biaya ekstra, dan aspek-aspek serupa. Dengan begini, kamu dapat mengestimasi nominal yang harus diangsur dan menentukan tenor terbaik. Sehingga, angsuran bisa kamu melunasi setiap kurun waktu tertentu menyesuaikan kemampuan finansial kamu.

Itulah 4 hal yanh harus diperhatikan sebelum memilih tenor pinjaman ataupun cicilan. Gimana, jadi lebih jelas bukan?

Buat kamu yang sedang mencari pinjaman online cepat cairrr..Tenang… Kan ada LINE Bank! Ajukan pinjaman & dapatkan CASHBACK hingga Rp1.000.000.

Kamu juga bisa cek promo lainnya, disini atau bisa klik banner di bawah artikel iniBanyak banget promo agar hidup kalian lebih mudah. Tunggu apalagi? Ayo, join LINE Bank dan dapatkan promonya sekarang!

Caranya gampang kok, download aplikasi LINE Bank di Appstore maupun Playstore dengan klik disini!

Baca juga : Kumpulan Promo LINE Bank Bulan September 2024, Auto Cuan!

Bagikan ke Temanmu
LINE Bank Admin
LINE Bank Admin

A Different Experience of Digital Banking, LINE Bank. LINE Bank is a caring friend, someone that’s easy to get along with. LINE Bank is also a trusted companion, providing smart solutions to all financial issues.

Articles: 377