8 Makanan Khas Korea yang Wajib Kamu Coba!

Hi Sobat LINE Bank,

Disini siapa yang suka sekali hal-hal yang berbau korea dan suka sekali mencoba kuliner korea ataupun makanan khas korea? Tentunya sudah tidak asing lagi dengan makanan khas Korea yang menggugah selera apalagi jika kamu sering nonton acara mukbang. Untuk kamu yang penasaran bisa langsung cek beberapa makanan khas Korea yang wajib dicoba di bawah ini karena rasanya memang sangat enak dan masih cocok di lidah Indonesia. 

List Makanan Khas Korea Terfavorit

1. MiyeokGuk

MiyeokGuk

MiyeokGuk dikenal pula dengan nama sup rumput laut karena memang bahan utamanya adalah rumput laut yang direbus dalam kaldu sapi atau ikan. Untuk bumbunya, ada kecap asin, bawang putih, minyak wijen, dan garam. Miyeok Guk menjadi hidangan wajib yang harus disajikan saat ada yang ulang tahun, selain tentu saja kue ulang tahun. 

2. Dakgalbi

Dakgalbi

Makanan khas Korea ini tercipta akibat kondisi ekonomi yang turun setelah Pertempuran Chuncheon, di Provinsi Gangwon. Penciptanya bernama, Pak Sung Soo, seorang pemilik restoran, yang ingin membuat makanan enak, namun dengan harga ekonomis. 

Dalam proses pembuatannya, daging ayam akan melalui proses marinasi terlebih dahulu selama beberapa jam. Setelahnya, baru bisa daging ditumis dengan tambahan berbagai bahan lain, seperti kubis, daun bawang, tteok, ubi, bawang bombay, dan tentu saja saus Korea gochujang. 

Uniknya, dakgalbi biasanya tersaji langsung di atas wajan khusus dilengkapi tungku / kompor dengan api kecil sehingga makanan tetap dalam kondisi panas. Inilah yang kemudian membuat dakgalbi lebih dikenal sebagai makanan favorit selama musim salju. Apalagi ditambah cita rasanya yang gurih dan pedas, sehingga mampu memberi rasa hangat di tubuh.

3. Haemultang

Haemultang

Sup haemultang merupakan jenis makanan khas Korea yang berbahan seafood, seperti kepiting, udang besar, cumi-cumi, kerang, gurita, atau hidangan laut lainnya. Selain itu, ada pula bahan pelengkap seperti tahu putih, wortel, daun bawang, irisan bawang bombay, dan berbagai bumbu. 

Karena menggunakan gochujang dan bubuk cabe serta kecap asin, cita rasa sup seafood ini sudah tentu gurih dan pedas. Untuk menetralisir rasa pedasnya, kamu bisa menyantapnya dengan nasi putih. Nah, kalau bertemu dengan resto yang menjual haemultang saat liburan ke Korea, jangan ragu untuk mencobanya, ya!

4. Bibimbap

8 Makanan Khas Korea yang Wajib Kamu Coba!

Bibimbap dalam bahasa Indonesia berarti nasi campur. Biasanya, bibimbap dihidangkan dalam mangkuk yang sudah dipanaskan atau menggunakan hot plate. Isinya, sedikit minyak wijen, lalu nasi putih, dan di bagian atas ada berbagai lauk dan sayur. 

Beberapa lauk dan sayuran yang menjadi pelengkap bibimbap, di antaranya sayur bayam, daging bulgogi, wortel, mentimun, bawang bombay, telur setengah matang, tauge, dan tentunya bumbu bibimbap. Sebelum menyantapnya, pastikan aduk isi sampai tercampur rata, ya.

5. Kimbap

Kimbap

Nah kalau makanan yang satu ini, Sobat LINE Bank pasti sudah familiar, karena secara konsep mirip sushi yang merupakan makanan khas Jepang, kan? Nah, bentuk kimbap memang mirip dengan sushi dan awalnya dibuat sebagai bekal untuk anak sekolah di Korea Selatan. 

Pembuatan kimbap juga unik. Selembar rumput laut diletakkan di atas penggulung yang terbuat dari bambu. Lalu di atas rumput laut yang menjadi lapisan pertama, ada nasi putih, irisan daging, ikan tuna, ayam, telur, dan sayuran, kemudian digulung. Setelahnya, kimbap dipotong kecil supaya bisa dimakan dalam satu kali suap.

6. Jajangmyeon

Jajangmyeon

Tampilan jajangmyeon memang seperti mie kuah di Indonesia. Hanya saja, mie-nya lebih tebal karena terbuat dari tepung gandum dan kuahnya berwarna hitam dari penggunaan saus pasta kacang kedelai hitam. Bahan lain yang menjadi pelengkap mie Korea ini, antara lain sayuran, potongan daging ayam, seafood, dan daging sapi. Namun, ada pula penjual yang menggunakan daging babi/sapi.

Kuah jajangmyeon berasal dari kuah kaldu yang dicampur dengan pasta kedelai hitam dan maizena, sehingga tekstur kuah lebih kental. Cita rasanya, manis, gurih, dan pastinya lezat. Sobat LINE Bank wajib coba makanan Korea halal yang satu ini dan dijamin akan ketagihan saking enaknya.

7. Kimchi

Kimchi- Makanan Khas Korea

Untuk kamu penggemar Kdrama, sudah tentu mengenal kimchi dengan baik, mengingat kimchi selalu hadir sebagai hidangan favorit dalam drama Korea. Kimchi terbuat dari sawi, lobak, atau mentimun yang difermentasi dengan beraneka ragam bumbu rempah, bubuk cabe merah, jahe, dan tentu saja saus ala Korea. Semua bumbu itulah yang menciptakan rasa unik kimchi, asam dan pedas, meski baunya lumayan menyengat.

Proses fermentasi kimchi memakan waktu lama sehingga pembuatnya akan memilih langsung membuat kimchi dalam jumlah banyak sekaligus. Nanti setelah jadi, kimchi bisa dinikmati dengan makanan apa pun, bahkan bisa disimpan di lemari pendingin untuk waktu yang lama.

8. Bulgogi

Bulgogi - Makanan Khas Korea

Bulgogi merupakan salah satu jenis makanan klasik khas Korea karena sudah ada sejak masa dinasti Goguryeo. Di masa lalu, bulgogi banyak menggunakan daging babi / pun sapi.

Rasa bulgogi lebih cenderung manis dengan sedikit asam dan pedas, karena proses pengolahannya menggunakan saus Korea gochujang. Untuk menikmatinya, bulgogi enak disantap dengan menggulungnya terlebih dahulu dalam daun selada dan menambahkan gochujang. Kalau ingin merasakan perpaduan yang cita rasa yang unik, santap bulgogi bersamaan dengan kimchi.

Nah itu dia mengenai makanan khas Korea yang wajib banget kamu coba!

Kamu bisa mencoba berbagai makanan khas korea di K3Mart apalagi transaksi menggunakan Kartu debit dan QRIS dapat REWARDS hingga Rp275.000. Mumpung periode promonya masih lama, hingga 31 Deesember 2024. Buruan datengin store K3Mart terdekat~

Kamu juga bisa cek promo lainnya, disini atau bisa klik banner di bawah artikel iniBanyak banget promo agar hidup kalian lebih mudah. Tunggu apalagi? Ayo, join LINE Bank dan dapatkan promonya sekarang!

Caranya gampang kok, download aplikasi LINE Bank di Appstore maupun Playstore dengan klik disini!

Baca juga : Kumpulan Promo LINE Bank Bulan September 2024, Auto Cuan!

Bagikan ke Temanmu
LINE Bank Admin
LINE Bank Admin

A Different Experience of Digital Banking, LINE Bank. LINE Bank is a caring friend, someone that’s easy to get along with. LINE Bank is also a trusted companion, providing smart solutions to all financial issues.

Articles: 360