17 Daftar Gurita Bisnis Kaesang Pangarep Anak Bungsu Jokowi

gurita bisnis kaesang
Source : instagram.com/kaesangp

Hi, Sobat LINE Bank!

Apa kalian tahu siapa foto di atas?

Pria di atas adalah Kaesang Pangraep. Kaesang adalah anak bungsu dari Presiden Joko Widodo. Engga hanya tampan, Kaesang ini memiliki jiwa seorang wirausaha yang luar biasa lho, teman-teman!

Bagaikan gurita, Kaesang yang juga merupakan seorang tokoh publik memiliki berbagai macam usaha. Usaha yang ia jalankan bermacam-macam, mulai dari bisnis makanan, bisnis keuangan, bisnis teknologi, bahkan sampai bisnis tekstil.

Kaesang juga dinobatkan sebagai salah satu orang yang masuk dalam daftar 40 Under 40 Fortune Indonesia.

FYI, 40 Under 40 Fortune Indonesia adalah list yang berisi orang-orang Indonesia yang belum genap berusia 40 tahun per 31 Desember 2022 yang memiliki pengaruh pada berbagai sektor di Indonesia.

Waduh, mantap jaya, kan?

Oleh karena itu, kita akan membahas gurita bisnis Kaesang. Siapa tahu teman-teman bisa mendapatkan inspirasi darinya. Yuk intip gurita bisnis Kaesang di bawah ini!

Gurita Bisnis Kaesang Pangarep

  1. Sang Pisang

Sang Pisang adalah salah satu bisnis kuliner Kaesang. Bisnis ini didirikan bersama Ansari Kadir semenjak tahun 2017. Modal awal untuk membangun bisnis ini adalah Rp 30 juta yang kemudian menggelar grand opening pertamanya di Cempaka Mas.

Tercatat pada tahun 2023 Sang Pisang telah memiliki 100 gerai di Indonesia dan memiliki lebih dari 1500 karyawan.

Bisnis sang pisang ini juga melakukan ekspansi ke luar negeri yaitu di Malaysia 2 tahun setelah perdananya yaitu pada tahun 2019.

  1. Mangkok Ku

Usaha kuliner miliki Kaesang selanjutnya adalah Mangkok Ku. Mangkok Ku juga merupakan kolaborasi dengan Master Chef Indonesia yaitu Chef Arnold, Randy J. Kartadinata, kakak Kaesang yaitu Gibran.

Mangkok Ku menjual berbagai jenis rice bowl enak. Bisnis ini tercatat pada tahun 2022 telah membuka 54 gerai di 16 kota.

Rice bowl buatan Mangkok Ku juga menduduki rice bowl nomor 1 pada GoFood dan GrabFood pada tahun 2022.

  1. Let’s Toast

Tidak berhenti pada rice bowl dan pisang, Kaesang juga menyediakan pilihan untuk kalian pecinta roti lewat Let’s Toast. Let’s Toast merupakan salah satu UMKM yang didirikan pada 2019 lalu. Kisaran harga Let’s Toast dimulai dairi Rp. 6.000 hingga Rp. 37.000.

  1. Goola

Karena dari tadi kita membicarakan makanan, mungkin kalian merasa haus. Nih, Kaesang juga mendirikan bisnis minuman bernama Goola. Kaesang mengkombinasikan minuman tradisional dengan aksen modern.

  1. Chili Pari

Chili Pari adalah usaha katering yang didirikan semenjak tahun 2010 bersama dengan sang Kakak, Gibran.

  1. Markobar

Buat kalian yang demen manis-manis, mas Kaesang juga memiliki bisnis yang menjual martabak manis lho. Markobar menjual martabak manis dengan berbagai topping. Mulai dari Oreo, Nutella, Cadbury, Silver Queen, ataupun potongan buah strawberry yang siap memanjakan lidah.

  1. Siap Mas

Sementara buat kalian yang suka ngemil, Kaesang juga membuka usaha kuliner yaitu Siap Mas. Siap Mas menghadirkan makanan ringan seperti keripik dan minuman yaitu Ngedrink. Minuman dan makanan ini dapat kalian jumpai di minimarket.

  1. Sang Javas

Setelah kita membahas usaha kuliner Kaesang, kita akan beranjak ke industri fashion Kaesang. Kaesang mendirikan Sang Javas, sebuah bisnis baju yang menggunakan gambar kecebong di bajunya. Kaesan mengatakan bahwa ia terinspirasi dari perilaku masyarakat Indonesia di media sosial apalagi saat pemilihan presiden 2014 lalu.

  1. Hompimpa Gamers

Selanjutnya, Kaesang juga berkecimpung di bisnis hiburan. Dirinya membuat Hompimpa Gamers. Hompimpa Gamers berfokus dalam menciptakan broad games yang selain melatih kecerdasan, juga membawa pesan toleransi, dan mengedepankan budaya Indonesia.

  1. Madhang

Gurita bisnis milik Kaesang selanjutnya adalah Madhang. Madhang adalah sebuah aplikasi yang diluncurkan sebagai jembatan antara ibu-ibu yang jago masak dengan konsumen. Bisnis ini ditujukan untuk parah ibu rumah tangga yang ingin mendapatkan pemasukan sendiri.

  1. Saham Rakyat

Utlitasi Kaesang di bidang teknologi tidak berhenti sampai situ saja. Kaesang bersama dengan Kevin Hendrawan, seorang Youtuber, mendirikan sebuah platform komunitas saham pada Agustus 2020. Platform ini digunakan untuk mempelajari informasi tentang saham sekaligus membeli saham. Wih, keren, kan?

  1. Enigma Bootcamp

Kaesang juga menyediakan pelatihan IT lewat Enigma Bootcamp. Contoh pembelajarannya adalah belajar bahasa pemrograman seperti Java, Javascript, dan Typescript.

Melihat kebutuhan dan kemajuan akan teknologi, Enigma Bootcamp memiliki tujuan untuk memberikan dampak positif lewat IT dan edukasi. Kocek yang harus dibayar untuk ikut juga cukup terjangkau.

  1. Kerjaholic

Kerjaholic adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk mencari informasi seputar lowongan kerja. Akan tetapi, aplikasi tersebut hanya memfasilitasi para pencari kerja yang ada di daerah Solo, Yogyakarta, dan Semarang. 

  1. Ternak Ikan Lele

Selanjutnya, Kaesang juga berkecimpung dalam bisnis ternak ikan lele. Kaesang memiliki bisnis ini sejak tahun 2019. Ikan lele ini dikembang biakan kemudian dijual ke pengusaha kuliner. Mulai dari warung pinggir jalan hingga restoran kelas atas.

  1. Yang Ayam

Yang Ayam adalah bisnis yang berfokus pada produk olahan daging ayam. Bisnis ini sudah berjalan dari tahun 2019 dan menjual ayam goreng tepung sekaligus menawarkan dengan berbagai varian sambal. Yang Ayam memiliki outlet di Jakarta, Depok, dan Solo.

  1. Ternakopi

Kembali kepada bisnis kuliner, Kaesang juga merintis minuman olahan kopi bersama dengan kakaknya yaitu Gibran.

  1. Panca Mitra Multiperdana Tbk (PMMP)

Tidak hanya seorang wirausahawan yang handal, Kaesang juga memiliki saham. Dirinya mengakuisisi saham sebesar 8% di Panca Mitra Multiperdana yang bergerak di industri pengolahan makanan beku yang berasal dari udang.

Nah, itu dia 17 daftar gurita bisnis Kaesang. Menjadi seorang wirausahawan memang tidak mudah, namun hal itu tidak menciutkan nyali Kaesang dalam tetap berwirausaha. Berani mengambil resiko dan tetap optimis memang esensial dalam menjadi seorang wirausahawan. Keren! 

Buat kalian yang tertarik untuk menjadi seorang wirausahawan seperti Kaesang tapi kalian sedang membutuhkan modal. No worries, LINE Bank Indonesia siap membantu kalian! LINE Bank juga lagi ada promo cashback buat pinjaman Quick Credit dan KTA! Skuy klik untuk tahu lebih lanjut soal LINE Bank Indonesia.

download LINE Bank
Bagikan ke Temanmu

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *