Cek Ini Daftar Perlengkapan Bayi yang Perlu Dibeli Untuk Newborn

Hi Sobat LINE Bank,

Siapa disini yang sedang mempersiapkan perlengkapan bayi demi menyambut buah hati? Atau siapa yang sedang ingin membelikan kado untuk bestie-mu ataupun keluargamu yang sedang hamil? Agar tidak bingung, yuk, ketahui daftar perlengkapan bayi yang biasanya diperlukan bumil siapkan dari sekarang.

Berbagai perlengkapan bayi yang lucu-lucu dan menggemaskan mungkin bisa membuat kamu ingin memborong semuanya ketika berbelanja. Padahal, belum tentu semua barang itu akan terpakai sehingga tidak perlu dibeli.

Cek Ini Daftar Perlengkapan Bayi yang Perlu Dibeli Untuk Newborn

Nah, agar bisa lebih berhemat dan tidak belanja berlebihan, akan lebih baik jika kamu telah memiliki daftar perlengkapan bayi yang perlu dibeli untuk newborn.

Daftar Perlengkapan Bayi yang Perlu Dibeli Untuk Newborn

1. Popok

Bayi yang baru lahir biasanya perlu ganti popok sebanyak 10–12 kali sehari. Jadi, kamu perlu menyiapkan stok popok setidaknya untuk beberapa hari. Popok sekali pakai akan memudahkan kamu untuk mengganti popok di malam hari atau ketika di luar rumah.

Namun, jika kamu berencana untuk menggunakan popok kain yang bisa dicuci dan digunakan kembali, sebaiknya pilihlah bahan katun yang mudah menyerap dan lembut. Pilih juga popok kain yang memiliki tali atau velcro, sehingga Bumil tidak perlu repot-repot menggunakan peniti.

2. Baju dan celana bayi

Saat membeli baju dan celana bayi baru lahir, kamu disarankan untuk memilih pakaian yang praktis dan tetap membuat bayi. Berikut adalah pilihan baju yang sebaiknya disiapkan dari awal:

  • 4–8 baju jumper pendek dan panjang yang disertai dengan kancing di bahu, selangkangan, atau di sepanjang bagian depan tubuh
  • 4–8 kemeja dengan gaya kimono dengan kancing di bahu
  • 4–8 piyama
  • 4–8 celana pendek, panjang, atau legging yang elastis dan menutupi perut bayi
  • 1–3 sweater atau jaket dengan kancing depan

Memilih pakaian dengan kancing di depan tak hanya demi kenyamanan bayi, tetapi juga untuk memudahkan Bumil dalam mengenakan atau melepaskan pakaiannya.

3. Kaus kaki, sarung tangan, dan topi

Kamu juga perlu menyiapkan setidaknya 3–4 pasang kaus kaki dan sarung tangan, serta 2–3 topi berbahan katun. Barang-barang ini sangat penting untuk membuat bayi tetap merasa aman dan nyaman di kondisi dingin. Sarung tangan juga berguna untuk mencegah menggaruk dirinya sendiri dan melukai wajahnya.

4. Bedong selimut

Selama 9 bulan, posisi bayi seperti dibedong atau dibundel di dalam kandungan. Oleh karena itu, kamu perlu menyediakan setidaknya 3–4 selimut atau kain untuk membedong bayi demi kenyamanannya setelah lahir.

5. Tempat tidur bayi

Perlengkapan bayi yang perlu dibeli selanjutnya adalah tempat tidur. Barang ini juga tak kalah penting, sebab tempat paling aman untuk bayi tidur selama 6 bulan pertama adalah di ranjang khusus bayi. Jangan lupa juga untuk menyediakan setidaknya 4–5 sprei pengganti yang berbahan lembut.

6. Kelambu

Kelambu bisa membantu melindungi bayi dari serangan dan gigitan nyamuk, terutama jika tempat tinggal kamu termasuk daerah yang banyak nyamuk. Pilihan ini lebih aman dibandingkan obat antinyamuk yang mungkin dapat mengiritasi kulitnya.

7. Perlengkapan untuk mengganti popok

Penting untuk memastikan kamu memiliki semua perlengkapan yang dibutuhkan untuk mengganti popok bayi , seperti:

  • 2–3 pak bola kapas bayi tanpa pewangi dan alkohol
  • 1–2 bungkus tisu basah hipoalergenik yang khusus untuk membersihkan area popok bayi
  • 2 botol krim popok, jika perlu
  • Perlak atau alas kedap air
  • Tempat sampah kecil khusus popok sekali pakai atau kapas bekas pakai

8. Perlengkapan mandi

Kulit bayi yang baru lahir masih sangat halus, lembut, dan sensitif, sehingga membutuhkan perlengkapan dan produk mandi khusus untuk bayi baru lahir dan tidak menimbulkan alergi atau iritasi. Berikut ini adalah perlengkapan mandi yang dibutuhkan bayi:

  • Bak mandi, agar lebih mudah dan aman saat memandikan bayi
  • 2–4 handuk mandi
  • Sabun dan sampo khusus bayi

9. Bib kecil

Bayi biasanya akan mengeluarkan ASI atau gumoh saat bersendawa. Nah, penggunaan bib kecil di leher bayi akan melindungi pakaiannya agar tetap bersih. Bib juga harus bisa dilepas-pasang dengan mudah.

10. Botol susu

Jika kamu berencana untuk menggunakan botol susu, misalnya untuk ASI perah, kamu memerlukan setidaknya 4–6 botol beserta sikat untuk membersihkannya. Untuk mensterilkan, kamu bisa merebus botol susu dengan air mendidih selama 30 menit.

Nah itu dia mengenai perlengkapan bayi yang perlu dibeli untuk newborn. Pastikan kamu sudah menyediakan semuanya ya! Menyambut bayi lahir memang membutuhkan dana yang lebih, namun jangan khawatir yaa… kamu bisa menggunakan Pinjaman LINE Bank guna memenuhi kebutuhan kamu tanpa mengganggu cashflow kamu!

Cek pinjaman cepat cair LINE Bank…. Jika kamu ajukan pinjaman, dapatkan CASHBACK hingga Rp1.000.000.

Kamu juga bisa cek promo lainnya, disini atau bisa klik banner di bawah artikel iniBanyak banget promo agar hidup kalian lebih mudah. Tunggu apalagi? Ayo, join LINE Bank dan dapatkan promonya sekarang!

Caranya gampang kok, download aplikasi LINE Bank di Appstore maupun Playstore dengan klik disini!

Baca juga : Kumpulan Promo LINE Bank Bulan September 2024, Auto Cuan!

Bagikan ke Temanmu
LINE Bank Admin
LINE Bank Admin

A Different Experience of Digital Banking, LINE Bank. LINE Bank is a caring friend, someone that’s easy to get along with. LINE Bank is also a trusted companion, providing smart solutions to all financial issues.

Articles: 377