10 Cara Mencari Tabungan Awal dan Kelola Keuangan dari Nol

Hi Sobat LINE Bank! 

Udah pada mikir belum, gimana sih cara mencari tabungan awal dari nol dan ngatur keuangan biar tetep bisa jajan tanpa galau? Nah, kali ini kita bakal bahas tips simpel buat mulai nabung dan jadi manajer keuangan yang oke!

1. Mulai dari Nol? Gak Masalah!

Gak perlu panik kalo kamu belum punya tabungan. Yang penting, mulai dari sekarang! Tabungan itu kayak tanaman, harus ditanam dulu baru bisa panen. Jadi, mulai deh dari jumlah yang bisa kamu sisihin setiap bulan. Meskipun kecil, yang penting konsisten! Kalau mau yang simpel-simpel bisa mulai dari nabung Rp. 5.000 setiap hari. Yang penting kita mulai belajar buat menjadikan nabung sebuah kebiasaan biar kedepannya lebih enteng.

2. Cari Cara Mencari Duit Sampingan yang Enjoy

Kalo gajian bulanan gak cukup buat nabung, coba deh cari duit sampingan yang enjoy. Bisa jadi freelance, jualan online, atau bahkan jadi driver ojek online. Yang penting, cari yang bisa kamu nikmati biar gak berasa kayak kerja keras. Kalau kamu punya hobi tertentu kayak menulis atau menggambar, kamu juga bisa open commission sebagai sampingan kamu. 

3. Hemat Bukan Berarti Pelit

Hemat itu bukan berarti pelit, lho! Hemat itu soal bijak mengelola pengeluaran. Contohnya, bukan beli kopi mahal tiap hari, tapi mungkin bikin kopi sendiri di rumah. Duitnya bisa buat nabung! Bukan cuma soal beli kopi tiap hari, jajanan yang lain juga bisa kamu kurangi. Atau kamu siapin alokasi dana khusus buat jajan dan pastiin kamu nggak melewati batas alokasi dana tersebut.

4. Manfaatin Aplikasi Keuangan Biar Gak Kebingungan

Nah, buat yang gak terlalu suka ribet ngitung uang, manfaatin aplikasi keuangan aja. Banyak kok aplikasi yang bisa bantu catet pengeluaran, nentuin budget, sampe nyariin cara buat nabung. Praktis banget! Aplikasi keuangan kayak gini bakal memudahkan kamu melihat alokasi dana buat tiap-tiap hal. Misalnya uang makan, uang jajan, uang streaming service, dan lain-lain. Pastiin jangan lewat dari pembagian uang itu ya!

5. Kenali “Needs” dan “Wants” Kamu

Cara mencari tabungan awal tuh juga dimulai dari memisahkan keinginan dan kebutuhan. Duit terbatas, pastiin deh kamu bisa bedain antara kebutuhan dan keinginan. Misalnya, mungkin beli baju baru itu keinginan, tapi bayar listrik itu kebutuhan. Pengen jajan kue-kue tapi inget belum belanja bulanan. Fokus ke kebutuhan dulu sebelum mikirin keinginan yang lebih “fancy”.

6. Jangan Malu Nabung di “Celengan” Elektronik

Gak perlu punya celengan fisik buat mulai nabung. Banyak bank atau aplikasi keuangan yang punya fitur tabungan otomatis. Setiap gajian, langsung aja sisihin sebagian ke tabungan. Di aplikasi, tuh, lebih modern! Jaman sekarang pun udah banyak bank digital contohnya LINE Bank. Nabung di LINE Bank gampang banget karena buka rekening sampe top upnya semuanya mudah langsung di aplikasi LINE Bank.

7. Bikin Tujuan Nabung yang Jelas

Nabung tanpa tujuan itu kayak jalan tanpa arah. Bikin tujuan nabung yang jelas, misalnya buat liburan, beli gadget baru, atau modal buat usaha kecil-kecilan. Dengan buat tujuan nabung begini, kamu juga jadi punya bayangan harus nabung berapa banyak. Ngeliat progres tabunganmu tiap hari yang makin deket sama target itu bikin semangat buat nabung loh! Ini bakal jadi motivasi buat kamu nabung lebih rajin! 

8. Nabung di Investasi? Bisa Banget!

Kalo udah punya tabungan yang lumayan, mungkin coba deh nabung di investasi. Gak perlu jadi ahli finansial, banyak kok platform investasi yang gampang dimengerti buat pemula. Investasi itu macem-macem jadi nggak cuma saham aja. Kamu bisa mulai investasi dengan tabungan deposito LINE Bank! Bunga deposito LINE Bank 6% loh! Jadi cocok banget buat para pemula. Hasilnya bisa lebih maksimal daripada nabung biasa!

9. Liburan atau Beli Barang Diskon? Pinter-Pinter Pilih!

Kalo emang lagi nabung, mungkin liburan atau beli barang diskon bisa jadi pilihan. Tapi inget, jangan sampe over budget ya. Terus cari promo yang paling bikin untung kayak promo-promo liburan dari LINE Bank! Belanja pun juga banyak promonya loh. Cari yang sesuai sama isi dompet dan tetap bisa bikin seneng!

10. Sisihkan untuk Darurat

Terakhir, jangan lupa sisihkan sebagian buat dana darurat. Siapa tahu, suatu hari butuh duit tiba-tiba. Ini bukan buat jajan, tapi buat keamanan finansialmu. Jadi pastiin selain budgeting buat makan, kebutuhan sehari-hari, jajan, dan nabung, perlu juga sisihkan uang untuk kebutuhan dana darurat.

Jadi, itulah beberapa tips sederhana cara mencari tabungan awal dan kelola keuangan dari nol. Gak perlu terlalu serius, yang penting jangan lupa nikmati prosesnya. Semoga bisa membantu, ya! Happy nabung, geng!

Baca juga: Tabungan Apa Saja yang Harus Kita Miliki?

Bagikan ke Temanmu
LINE BANK SEO Admin
LINE BANK SEO Admin
Articles: 325