7 Ide Bisnis yang Menguntungkan di Jakarta di 2024

Hi Sobat LINE Bank!

Sejak dulu, Jakarta sudah menjadi tempat berlabuhnya mimpi para pendatang dari berbagai daerah untuk mengejar kesempatan dan peluang. Sebagai ibukota negara sekaligus pusat perekonomian, gak heran kalau memang ada banyak kesempatan baik di sini. 

Salah satu peluang yang terbuka lebar buatmu adalah peluang bisnis! Pertumbuhan penduduk yang pesat, membuat kamu pada dasarnya cocok untuk memulai bisnis apapun di Jakarta. Sebab, akan ada banyak target market yang bisa dibidik.

Tapi bingung harus mulai dari mana? Tenang, LINE Bank sudah merangkum ide bisnis yang menguntungkan di Jakarta dan bisa jadi inspirasi sekaligus jalan rezeki. Yuk, simak!

Rekomendasi Bisnis Menguntungkan di Jakarta

Bank Indonesia (BI) pernah melakukan penelitian terkait sektor usaha atau bisnis yang menguntungkan di Jakarta. Berikut di antaranya:

1. Bisnis Kuliner

Bukan rahasia lagi, bisnis di sektor food and beverage punya potensi menjanjikan di manapun kamu berada dan mengembangkan bisnis. Sebab, setiap orang membutuhkan makanan dan minuman dalam segala situasi.

Terlebih di Jakarta yang tingkat kepadatan penduduknya sangat tinggi. Sehingga, bisnis makanan atau minuman yang kamu pasarkan memiliki peluang lebih besar untuk terjual. Pilihan yang bisa kamu coba adalah usaha makanan yang sehari-hari dikonsumsi, atau makanan kekinian yang sedang tren. 

Tidak punya kemampuan memasak atau pengalaman di industri F&B? Semua itu bukanlah masalah. Kamu juga bisa melirik untuk bekerja sama dengan bisnis franchise terkenal yang sudah memiliki target pasar yang jelas dan branding yang kuat.

2. Jasa Profesional

Para profesional di bidang tertentu bisa punya jaminan hidup yang layak di Jakarta dengan menjual jasa yang kamu kuasai secara mendalam. Jasa profesional yang memiliki potensi menjanjikan misalnya pengacara, notaris dan pejabat pembuat akta tanah, arsitek, hingga profesional di bidang kreatif seperti jasa periklanan, desain, dan fotografi.

Bagi kamu yang memiliki segudang pengalaman profesional, menawarkan jasa hingga mendirikan kantor atau bisnis sendiri sangat mungkin dilakukan di kota besar seperti Jakarta. Tertarik untuk mencari tahu lebih dalam soal peluangnya?

3. Bisnis Pengolahan

Pernahkah kamu berpikir untuk menjalankan bisnis pengolahan dan memiliki pabrik sendiri? Misalnya memproduksi panganan semacam tahu tempe, produk roti dan kue, pengolahan kopi, makanan dan masakan olahan, hingga bisnis konveksi (pakaian jadi) dan tekstil. Industri ini berkembang cukup pesat di Jakarta dan bisa kamu pertimbangkan sebagai ide bisnis.

Namun, jenis bisnis tersebut memang membutuhkan modal yang cukup besar untuk dijalankan. Selain modal, kamu juga butuh membangun pengalaman di industri terkait agar paham skema bisnis yang akan dijalankan.

4. Jasa Laundry

Bisnis laundry sendiri cukup menjanjikan dijalankan di kota besar, apalagi yang berdekatan dengan area kampus atau perkantoran. Banyak pekerja dan mahasiswa sibuk yang bahkan tidak sempat untuk mencuci pakaiannya sendiri..

Modal awal untuk memulai bisnis laundry juga terbilang minim. Mulai dari Rp10-15 jutaan, kamu sudah mendapatkan mesin cuci, setrika, hingga peralatan laundry seperti sabun cuci dan pewangi. 

Pastikan juga untuk menggunakan peralatan dan bahan berkualitas agar tidak merusak pakaian pelanggan, atau menimbulkan iritasi kulit. Pelayanan yang memuaskan akan memungkinkanmu mendapatkan pelanggan loyal.

Untuk kebutuhan bisnismu, kamu juga bisa menggunakan fasilitas Kredit Tanpa Agunan dari LINE Bank yang prosesnya mudah dan cepat. Makin untung dengan banyaknya promo menguntungkan dan fitur menarik dari LINE Bank yang bisa kamu nikmati!

5. Bisnis Bengkel

Inspirasi bisnis menguntungkan di Jakarta berikutnya adalah usaha bengkel. Melihat banyaknya volume kendaraan yang ada di Jakarta, peluang kamu untuk memulai bisnis bengkel juga semakin besar.

Pada tipe bisnis jenis ini, yang perlu kamu perhatikan adalah lokasi usaha yang strategis serta lahan parkir yang memadai. Sebaiknya, kamu juga harus memiliki pengetahuan atau latar belakang di bidang otomotif agar dapat menjalankan bisnis secara mandiri di awal merintis.

6. Bisnis Furniture dan Mebel

Tingginya kepadatan penduduk Jakarta karena perannya sebagai ibukota negara sekaligus pusat perekonomian Indonesia, membuatnya dihuni oleh banyak perumahan, perkantoran, hingga pertokoan.

Usaha furnitur dan mebel bisa menjadi pilihan karena padatnya jumlah penduduk dan banyaknya jumlah bangunan di sekitaran Jakarta. Pastikan kamu bekerja sama dengan vendor terbaik dan terpercaya. 

Jangan lupa untuk menghadirkan desain-desain furnitur menarik dari berbagai style, misalnya gaya retro, minimalis, klasik, dan sebagainya.

7. Bisnis Jasa Angkutan dan Rental Kendaraan

Selain pertumbuhan ekonomi, pertumbuhan wisata di wilayah Jakarta juga berkembang pesat berkat dukungan fasilitas dan infrastruktur yang memadai. Kedatangan wisatawan dari berbagai daerah dan negara membutuhkan armada transportasi yang mendukung.

Meski transportasi Jakarta sudah terintegrasi dengan baik, didukung dengan tersedianya aplikasi online, bisnis jasa angkutan atau rental kendaraan masih punya prospek. Jenis kendaraan yang bisa disewakan adalah jenis bus atau minibus untuk standar keluarga yang bisa mengangkut banyak penumpang.

Tingginya tingkat mobilitas di Jakarta, tidak semuanya bisa difasilitasi oleh transportasi umum. Terutama jika memerlukan kapasitas kendaraan yang besar untuk menampung keluarga besar, misalnya untuk acara pernikahan atau wisata.

Sebelum memulai bisnis, penting bagi kamu untuk memastikan target pasar yang dituju. Lakukan riset yang memadai agar bisnis kamu lebih tepat sasaran dan tidak berakhir merugi. Semoga sukses selalu, ya, Sobat LINE Bank!

Yuk, buka rekening digital LINE Bank sekarang dan nikmati beragam promo menarik hingga cashback yang bikin kamu makin semangat nabung karena cuan terus! Download aplikasinya di sini.

Bagikan ke Temanmu
LINE BANK SEO Admin
LINE BANK SEO Admin
Articles: 325