6 Trik Atur Keuangan Biar Bisa Napas Sampai Akhir Bulan

6 Trik Atur Keuangan Biar Bisa Napas Sampai Akhir Bulan

Hi Sobat LINE Bank,

Pernah ngga diantara kamu yang terkadang mulai kehabisan uang di pertengahan bulan? Hal ini terjadi karena kesalahan dalam atur keuangan setiap harinya.

Tak peduli berapa besar gaji, kalau tidak bisa mengatur keuangan dengan tepat dan cermat, kamu tetap akan sekarat di pertengahan bulan sampai ke akhir bulan.

Berikut ini akan dibeberkan trik mengelola keuangan biar Anda masih bisa ‘bernapas‘ hingga akhir bulan. Cekidot~

Berikut penjelasannya:

1. Jangan abaikan dana darurat

Untuk atur keuangan tetap aman, tips yang pertama yaitu, kamu harus memaksakan diri untuk menabung. Namun tak habis di situ, juga harus mempunyai dana darurat.

Dana darurat ini dibutuhkan jika tiba-tiba harus membeli HP baru karena kecopetan. Atau bisa saja butuh biaya berobat ke dokter.

Tidak ada seorangpun yang tahu apa yang akan terjadi dalam sebulan itu, ada baiknya kamu menyiapkan dana untuk kebutuhan tak terduga. kebutuhan-kebutuhan tak terduga ini bisa membuat keuangan kembang kempis di akhir bulan.

2. Pisahkan anggaran untuk kebutuhan dan keinginan

Kadang punya juga keinginan ini dan itu yang sebenarnya tak perlu.

Menyiasati ini semua, kamu harus segera memisahkan anggaran untuk kebutuhan dan anggaran untuk keinginan. Jangan sampai menghabiskan semua uang untuk keinginan, dan yang menjadi kebutuhan malah tak terpenuhi.

3. Cek tagihan dan tanggunan

Cara agar tak kehabisan uang di tengah bulan adalah dengan bijak terhadap semua keinginan meskipun itu hal yang wajar.

Sebelum membeli barang yang diinginkan, ingat-ingat dulu apakah masih punya tanggungan dan tagihan yang harus dibayar. Jangan sampai uang sudah habis untuk hura-hura, dan tiba-tiba ada tagihan yang harus bayar segera.

4. Rencanakan pengeluaran

Cara berikutnya agar keuangan aman sampai akhir bulan adalah dengan mencatat rencana pengeluaran ke depan. Kamu harus sudah tahu apa saja yang mau dibeli dengan gaji bulan depan.

Dengan membuat anggaran belanja, jadi bisa tahu apa yang menjadi kebutuhan atau cuma keinginan semata.

5. Pisahkan anggaran dari awal

Selain membuat anggaran, kamu juga harus membiasakan diri untuk belanja rutin untuk kebutuhan sehari-hari.

Kamu bisa melakukan belanja per-dua mingguan. Saat gajian, setelah dipotong dana tabungan dan dana darurat, pisah gaji menjadi dua bagian. Untuk dua minggu pertama dan dua minggu kedua. Dengan begitu, tak akan sekarat di akhir bulan, karena sudah dipersiapkan.

6. Bawa catatan belanja bulanan

Strategi menjaga keuangan tetap utuh sampai akhir bulan adalah dengan membawa catatan saat belanja. Dengan begini, tidak akan asal dalam belanja.

Nah, itu dia mengenai trik berhemat dan atur keuangan hingga akhir bulan. Jika kamu membutuhkan dana cepat, salah satu instansi yang terpercaya untuk memberikan pinjaman adalah LINE Bank! LINE Bank menyediakan pinjaman KTA yang gak ribet, pengajuan yang cepat, mudah, dan bebas biaya admin. Maksimal pinjaman KTA LINE Bank juga bisa sampai Rp.300.000.000 lho! Bunganya juga rendah bisa mulai dari 0.88% per bulannya!

Psst, lagi ada promo kalau kalian ngajuin pinjaman sampai tanggal 31 Oktober 2023 nih! Bisa lho, cashback hingga Rp.2.000.000! Yuk tunggu apa lagi? Ayo bergabung dengan LINE Bank sekarang!

Baca juga: 5 Pinjaman 100 Juta Tanpa Jaminan dan Cara Mendapatkannya

Bagikan ke Temanmu
LINE Bank Admin
LINE Bank Admin

A Different Experience of Digital Banking, LINE Bank. LINE Bank is a caring friend, someone that’s easy to get along with. LINE Bank is also a trusted companion, providing smart solutions to all financial issues.

Articles: 328