Apa Artinya Jam Koma? Istilah Baru Di Kalangan Gen Z

Hi Sobat LINE Bank,

Media sosial sedang diramaikan dengan istilah baru yang artinya bikin penasaran, yakni jam koma. Di TikTok, ada banyak kompilasi video yang memperlihatkan seperti apa kondisi jam koma yang dialami seseorang.

Salah satunya adalah video perempuan yang sedang melakukan tarik tunai di ATM tapi lupa mengambil uangnya. Ada pula yang membeli ice cream di minimarket tapi langsung pergi tanpa membawa belanjaannya.Namun sebenarnya, apa arti jam koma yang viral di media sosial?

Apa Artinya Jam Koma? Istilah Baru Di Kalangan Gen Z

Arti Jam Koma

Seorang content creator di TikTok dengan username @osloibrahim membagikan pandangannya terkait fenomena jam koma. Menurutnya, istilah ini merujuk pada momen ketika seseorang merasa sangat overwhelmed atau kewalahan sehingga tidak sadar dengan apa yang dilakukannya.

Ciri utama jam koma adalah pandangan kosong dan melamun. Gejala ini muncul secara tiba-tiba saat sedang mengobrol dengan seseorang atau melakukan sesuatu.

Contoh lain kondisi jam koma adalah lupa mengembalikan helm ojek online, tidak nyambung saat diajak mengobrol, dan sejenisnya. Jadi, dapat disimpulkan bahwa jam koma adalah kondisi saat seseorang sedang tidak fokus.

Pada umumnya, seseorang menjadi tidak fokus dan sulit berpikir jernih karena overwhelmed atau kewalahan. Menurut laman Very Well Mind, setiap orang ada kalanya akan merasakan overwhelmed dalam kehidupannya. Namun, kondisi itu tak perlu dikhawatirkan karena ini termasuk respons normal yang diberikan tubuh apabila sedang stres terhadap sesuatu.

Meski begitu, overwhelmed yang terjadi secara terus menerus dapat berdampak buruk pada kesehatan mental dan fisik. Oleh karena itu, jika Anda merasa terlalu sulit fokus dan tidak bisa melakukan aktivitas harian, segera cari pertolongan kepada pihak profesional.

Penyebab Overwhelmed

1. Terlalu Banyak Tugas atau Tanggung Jawab

Di tempat kerja, ada kalanya seseorang harus mengerjakan terlalu banyak tugas yang membuatnya terbebani secara emosional. Kondisi ini bisa semakin parah apabila ada tanggung jawab lain di luar urusan yang harus dipikulnya, seperti memenuhi kebutuhan keluarga, adanya konflik dengan pasangan, dan sebagainya.

2. Perubahan Hidup

Hidup akan selalu mengalami perubahan, terkadang terasa menyenangkan dan positif, tetapi bisa juga membuat seseorang menjadi overwhelmed. Contoh perubahan yang membuat kewalahan adalah pindah ke kota baru, memulai pekerjaan baru, atau pindah ke sekolah baru.

3. Peristiwa Traumatis

Mengingat peristiwa traumatis sering membuat seseorang merasa kewalahan secara emosional. Contoh kejadian traumatis meliputi kehilangan orang yang dicintai, kecelakaan, bencana alam, dan lain-lain.

Nah itu dia istilah jam koma dan serba serbi lainnya. Nah sekarang sudah jelas kan mengenai istilah baru di kalangan Gen Z ini? Jangan sampai kamu terkena jam koma ya!

Eiya jangan lupa supaya ga skip soal keuangan, ada LINE Bank solusinya. Kamu bisa nabung di LINE Bank, dengan buka tabungan online di LINE Bank, kamu bisa mengakses berbagai fitur seru seperti bebas biaya adminfitur multi rekening yaitu bisa memiliki 8 rekening sekaligus dalam 1 akungratis transfer ke rekening bank laintarik tunai tanpa biaya, hingga kemudahan dalam pembayaran seperti tagihan dan pulsa.

Kamu juga bisa cek promo lainnya, disini atau bisa klik banner di bawah artikel iniBanyak banget promo agar hidup kalian lebih mudah. Tunggu apalagi? Ayo, join LINE Bank dan dapatkan promonya sekarang!

Caranya gampang kok, download aplikasi LINE Bank di Appstore maupun Playstore dengan klik disini!

Baca juga : 3 Keuntungan Tabungan Deposito: Investasi Aman dan Menguntungkan!

Bagikan ke Temanmu
LINE Bank Admin
LINE Bank Admin

A Different Experience of Digital Banking, LINE Bank. LINE Bank is a caring friend, someone that’s easy to get along with. LINE Bank is also a trusted companion, providing smart solutions to all financial issues.

Articles: 397