Beli Rumah Vs Ngontrak, Lebih Untung Mana Sih?

Hi Sobat LINE Bank,

Mengontrak atau membeli rumah kerap menjadi opsi yang dipertimbangkan masyarakat dalam menentukan hunian. Tak sedikit yang menganggap jika menyewa terlebih dahulu adalah skenario ideal untuk membeli rumah. Namun, menunda untuk memiliki rumah tak semudah itu. Faktor utamanya adalah harga yang makin mahal dan tak sebanding dengan gaji yang didapatkan.

Karenanya, banyak orang yang sering mempertimbangkan menyewa atau mengontrak. Tapi sebenarnya, lebih untung mana beli rumah vs sewa sih alias ngontrak?

Jika dihadapkan pada dua pilihan ini, kamu akan pilih yang mana? Sebelum menentukan pilihan, sebaiknya simak dulu keuntungan dan kerugian di antara keduanya.

Beli Rumah Vs Ngontrak, Lebih Untung Mana Sih?

Keuntungan & Kerugian Beli Rumah

Keuntungan Beli Rumah:

  • Investasi jangka panjang dan kepemilikan assset. Ketika cicilan berakhir atau sudah lunas, maka rumah akan menjadi hak milik dan dapat menjadi investasi jangka panjang & maka kamu bisa menjual rumah tersebut dan mendapatkan keuntungan dari kenaikan harganya dibandingkan dengan beli di awal dahulu.
  • Bebas untuk direnovasi. Jika memiliki rumah sendiri kamu dapat mendekor sesuai selera maupun renovasi sesukamu sesuai kebutuhan.
  • Memiliki nilai sentimental, atau memiliki kenangan tersendiri untukmu karena misalnya dibeli menggunakan uang jerih payahmu.

Kerugian Beli Rumah:

  • Bila kamu tidak dapat membayar cicilan kreditnya, maka pihak pemberi kredit dapat melakukan penyitaan atas rumah.
  • Ada Biaya perawatan, perbaikan rumah dan pembelian furniture menjadi tanggung jawab sendiri, termasuk juga pajak PBB.
  • Memiliki rumah impian harus menabung lebih keras hingga sesuai dengan kriteria kamu. Misalnya : seseuai lingkungannya, luas rumahnya, dsb.

Baca juga : Kenali 3 Jenis Kategori Pengeluaran, Ada Apa Saja Sih?

Keuntungan & Kerugian Kontrak Rumah

Keuntungan Kontrak Rumah:

  • Bisa punya banyak opsi (flexible) yang disesuaikan dengan budget yang dimiliki, meliputi lokasi, ukuran rumah, ingin yang sudah full furnished atau belum.
  • Tidak memerlukan biaya perawatan, karena merupakan tanggung jawab pemilik property.
  • Uang DP bisa investasi ke instrumen lain. ⁠Dana yang dikeluarkan bisa lebih sedikit dibandingkan dengan membeli. Sebab, kalau membeli maka di awal kita harus menyediakan dana di awal sekitar 10-20 persen dari harga rumah. Sementara bila mengontrak ibaratnya hanya perlu membayar cicilannya saja.
  • Tidak terikat utang hipotek. Misalnya kamu sudah bosan atau tidak nyaman dengan lingkungan rumah kontrakan, maka dengan mudah bisa pindah.

Kerugian Kontrak Rumah:

  • Bukan hak milik dan tidak bisa menjadi investasi. Karena selama apapun kamu membayar rumah kontrakan tersebut, maka rumah tersebut tidak akan pernah menjadi hak milik kamu.
  • Tidak semua rumah yang kamu sewa bisa direnovasi sesukamu.
free trx 25 kali - LB BLog

Tips Beli Rumah

  1. Pilih Rumah KPR yang Strategis
  2. Sesuaikan Harga Rumah dengan Kemampuan Keuangan
  3. Siapkan Uang Muka 10%
  4. Siapkan Juga Biaya-biaya Saat Mengurus Pembelian Rumah. Selain uang muka, kamu juga harus menyiapkan biaya-biaya lain, seperti:
    • Biaya cek sertifikat.
    • Biaya akte jual beli.
    • Biaya balik nama.
    • Biaya PNBP.
    • Biaya BPHTB.
    • Biaya jasa notaris.

Tips Ngontrak/Sewa Rumah

  1. Pilih Kontrak dengan Harga Sewa Terjangkau
  2. Fasilitas Kontrakan Lengkap
  3. Lingkungan yang Strategis

So, lebih mending mana beli rumah vs Ngontrak?

Memilih rumah memang wajib, tapi kembali lagi dengan masing-masing kebutuhan. Jangan paksakan kehendak, tanpa memperhitungkan keuangan. Sebaiknya, pilih tempat tinggal sesuai kebutuhan masa sekarang hingga masa depan.

Oiya, kamu juga bisa manfaatkan KTA untuk mewujudkan impianmu dan pasangan memiliki rumah idaman dengan pinjaman LINE Bank maupun cicilan yang terjangkau tanpa memberatkan kondisi keuanganmu.

 Pinjaman cepat cair limitnya hingga 300JT. Yuk Ajukan pinjaman & dapatkan CASHBACK hingga Rp1.000.000.

promo LOAN

Kamu juga bisa cek promo lainnya, disini atau bisa klik banner di bawah artikel iniBanyak banget promo agar hidup kalian lebih mudah. Tunggu apalagi? Ayo, join LINE Bank dan dapatkan promonya sekarang!

Caranya gampang kok, download aplikasi LINE Bank di Appstore maupun Playstore dengan klik disini!

Baca juga : Kumpulan Promo LINE Bank Bulan Oktober 2024, Auto Cuan!

Bagikan ke Temanmu
LINE Bank Admin
LINE Bank Admin

A Different Experience of Digital Banking, LINE Bank. LINE Bank is a caring friend, someone that’s easy to get along with. LINE Bank is also a trusted companion, providing smart solutions to all financial issues.

Articles: 394